Rabu, 30 Juni 2021 18:01

Senangnya Bupati Gowa Terima Mahasiswa KKN Tematik Unhas Secara Virtual

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

Adnan mengatakan, saat ini pihaknya masih berfokus terhadap penanganan Covid-19.

RAKYATKU.COM - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima 298 mahasiswa KKN Tematik Unhas Gelombang 106 secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Adnan berharap mahasiswa KKN Unhas mampu membantu Pemerintah Kabupaten Gowa dalam mengedukasi masyarakat tentang pendisiplinan protokol kesehatan.

"Tentu kami berbangga karena ratusan mahasiswa Unhas akan melakukan KKN di Gowa. Diharapkan adik-adik kita bisa membantu pemerintah untuk bisa mengedukasi masyarakat disiplin menjalankan prokes agar bisa segera terbebas dari pandemi ini karena fokus kita masih pada penanganan Covid-19," kata Adnan.

Baca Juga : KKN Unhas Gelombang 106 Sasar Kecamatan Rappocini, Siap Dukung Program Makassar Recover

Adnan mengatakan, saat ini pihaknya masih berfokus terhadap penanganan Covid-19 sehingga kehadiran ratusan mahasiswa di wilayahnya akan ikut mengedukasi masyarakat.

Selain memastikan penerapan prokes berjalan, orang nomor satu di Gowa ini juga meminta agar para mahasiswa bisa melakukan pendampingan terhadap UMKM di Gowa. Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pendapatannya.

Olehnya itu ia berharap mahasiswa KKN selama mengabdi mampu membawa perubahan. Salah satunya perubahan perilaku dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga : KKN Tematik Unhas Awasi Penerapan Protokol Kesehatan Pilkada Serentak 2020

"Kita juga menggalakkan pemberdayaan UMKM, dimana setiap desa dan kelurahan bisa memiliki produk unggulan yang bisa dijual untuk meningkatkan pendapatan. Sehingga Kami juga meminta mahasiswa ikut lakukan pendampingan misalnya bisa dikerjasamakan dengan e-commerce agar pemasaran jelas, pesanan meningkat yang otomatis produksi juga akan meningkat. Jika UMKM ini berhasil maka inilah yang akan membuka lapangan kerja di wilayah Gowa," tambah Adnan.

Sementara Koordinator KKN Tematik, Dr Hasrul mengatakan sebanyak 298 orang yang akan mengabdi di Kabupaten Gowa dari 4.000-an mahasiswa KKN gelombang 106. Mahasiswa ini terbagi dalam 10 posko di 13 kecamatan.

Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Barombong, Bajeng, Bajeng Barat, Bontonompo, Bontonompo Selatan, Pallangga, Sombaopu, Bontomarannu, Pattallassang, Parangloe, Parigi, Tinggimoncong, dan Tombolopao.

Penulis : Syukur
#KKN Tematik Unhas #Adnan Purichta IYL.