Rabu, 23 Juni 2021 13:31

Dinas Pengendalian Penduduk KB Enrekang Intens Galakkan Proyek Perubahan Basis Kencana

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pelaksanaan kegiatam proyek perubahan basis kencana di Desa Tapong, Kecamatam Maiwa, Senin (21/6/2021).
Pelaksanaan kegiatam proyek perubahan basis kencana di Desa Tapong, Kecamatam Maiwa, Senin (21/6/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan asupan gizi B2SA (beragam, berimbang, sehat, dan aman), pengasuhan 1.000 HPK (hari pertama kehidupan), dan meningkatkan kepesertaan KB untuk melahirkan generasi emas dari kampung KB.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk KB Kabupaten Enrekang, Darmiati Siampa, melakukan pembinaan dan pendampingan di Kampung KB dalam rangka menggalakkan proyek perubahan basis kencana (membangun generasi emas di kampung keluarga berencana) di Desa Tapong, Kecamatam Maiwa, Senin (21/6/2021).

Darmiati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan asupan gizi B2SA (beragam, berimbang, sehat, dan aman), pengasuhan 1.000 HPK (hari pertama kehidupan), dan meningkatkan kepesertaan KB untuk melahirkan generasi emas dari kampung KB.

Kepala Desan Tapong, Saharuna Djabaruddin, merespons positif dan sangat mendukung program ini. Itu karena tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan gizi masyarakat.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Dirinya siap membantu kolam ikan dan juga perbaikan sanitasi dan jamban bagi warga masyarakatnya.

"Di bidang pemberdayaan masyarakat, dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat, Kita membuat kolam ikan sebanyak 45 tempat, kegiatannya sedang berlangsung," urainya.

Desa Tapong juga saat ini membangun jamban bagi keluarga kurang mampu, rumah dataku, gedung serbaguna, dan rumah saoraja. Masyarakat desa turut berpartisipasi dalam pembangunan ini.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

Hadir pada kesempatan itu Andi Anhar selaku Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Ketua TP PKK Enrekang, Johra Muslimin, untuk memberikan dukungan dalam mewujudkan program ini.

Sementara itu, juga digelar pembinaan dan pendampingan secara terpadu oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Ketahanan Pangan, dan PKK Enrekang.

Pada kesempatan ini materi utama yang disampaikan adalah pemantapan kelompok kerja di kampung KB yang terdiri dari 8 seksi. Hal ini agar benar-benar bisa menjadi wadah untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat tentang penerapan 8 fungsi keluarga.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

Andi Anhar dari Dinas Ketahanan Pangan menyampaikan perlunya memanfaatkan lahan pekarangan untuk memenuhi asupan gizi yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman meningkatkan kesehatan dan mencegah terjadinya stunting.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Enrekang, Johra MB, menyampaikan materi tentang pola pengasuhan yang dianjurkan pada 1.000 HPK untuk mendapatkan generasi yang sehat, cerdas, dan ceria.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang