Rabu, 16 Juni 2021 13:36

Kesuksesan Pamsimas Enrekang Bakal Diulas di Buku Kementerian PUPR

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Enrekang, Muslimin Bando (kedua kanan), di Mitra Farm, Kawasan Industri Maiwa, Rabu (16/6/2021).
Bupati Enrekang, Muslimin Bando (kedua kanan), di Mitra Farm, Kawasan Industri Maiwa, Rabu (16/6/2021).

Kabupaten Enrekang telah ditunjuk sebagai salah satu lokus yang berhasil menjadi contoh nasional dalam rangka menyukseskan program Pamsimas.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Kesuksesan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, mendapatkan pengakuan dari Kementerian PUPR.

Bahkan PUPR lewat Direktorat Air Minum bakal mengulasnya dalam buku profil Pamsimas 2021. Untuk itu, tim penyusun mengunjungi Bupati Enrekang, Muslimin Bando, di Mitra Farm, Kawasan Industri Maiwa, Rabu (16/6/2021).

Tim penyusun yang hadir di antaranya Ikhwanul dan Kiram Mashuri. Mereka bertugas mengumpulkan data-data dari kabupaten dengan Pamsimas terbaik.

Baca Juga : BKKBN Uji Coba Penggunaan Aplikasi Skrining dan Pendampingan Catin di Enrekang

"Enrekang telah ditunjuk sebagai salah satu lokus yang berhasil menjadi contoh nasional dalam rangka menyukseskan program Pamsimas," jelas tim penyusun.

Sejumlah kebijakan menjadi keunggulan Pemkab Enrekang. Misalnya, Peraturan Bupati tentang Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan. Di antaranya, Perbup Nomor 59 Tahun 2019 dan Perbup Nomor 12 Tahun 2019.

 

"Perbup inilah yang mengawali terbentuknya Asosiasi Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAM) Perdesaan "Sipakario"," ungkap Bupati Enrekang, Muslimin Bando.

Baca Juga : Bersama Presiden Jokowi, Bupati Enrekang Ikuti Zikir dan Doa Kebangsaan Virtual

Sejak 2017 mulai dari perencanaan hingga berjalannya program Pamsimas, Pemkab Enrekang telah menganggarkan Rp5,8 miliar untuk menyukseskan program ini.

Sponsored by MGID

Hingga 2020, sudah 81 desa yang telah mendapatkan fasilitas air bersih. Ini akan terus bertambah. Secara keseluruhan, total penerima panfaat program Pamsimas di Enrekang sebanyak 15.315 KK atau 64.474 jiwa.

"Melihat manfaatnya yang begitu besar untuk masyarakat, kita berharap Kementerian PUPR terus melanjutkan program ini. Kita akan terus mendukung," tegasnya.

Baca Juga : Bupati Enrekang Pimpin Panen Raya Bawang Merah di Maiwa

Bupati juga menghaturkan terima kasih atas kehadiran tim penyusun. Apalagi Enrekang akan diulas dalam buku profil tersebut. "Ini tentu menjadi semangat tersendiri bagi kami. Semoga keberhasilan Pamsimas di Enrekang juga bisa diduplikasi bahkan dikembangkan di daerah lainnya," harap MB, akronim nama Bupati.

Turut hadir mendampingi Bupati, Sekda Enrekang, Baba, dan Kepala Bappeda, Chaidar Bulu. Kunjungan tersebut berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sponsored by advertnative
 
Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Pamsimas #Kementerian PUPR