Senin, 14 Juni 2021 15:29

Ditolak Cari Pesawat MH370, Penemu Kapal Titanic Ungkap Ada Manusia dan Kargo yang Masih Utuh di Dasar Laut

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bob Ballard
Bob Ballard

Bob Ballard yang sukses menemukan kapal Titanic tahun 1985 optimistis bisa menemukan pesawat Malaysia Airlines MH370 dengan ilmu dan kecanggihan teknologi saat ini.

RAKYATKU.COM -- Bob Ballard adalah penjelajah laut dalam yang terkenal. Tidak main-main, dialah penemu bangkai kapal Titanic tahun 1985.

Itu dulu. Saat usianya masih muda. Kini usia Ballard sudah uzur. Makanya, ketika dia menawarkan diri untuk ikut pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang tahun 2014, dia ditolak mentah-mentah.

"Saya tahu bagaimana menemukan sesuatu. Mungkin saya bisa membantu berjalan melalui logika itu semua, tetapi mereka mengatakan bahwa mereka tidak membutuhkan saya," tutur Ballard kepada National Geographic seperti dikutip dari Daily Star.

"Saya masih game (mencari pesawat). Saya akan dengan senang hati meminjamkan kecerdasan saya, tetapi mereka tidak pernah membiarkan saya duduk di meja (terlibat)," katanya.

Arkeolog bawah laut yang terkenal menambahkan bahwa kemajuan teknologi dalam beberapa tahun terakhir dapat secara signifikan meningkatkan kemungkinan menemukan MH370 yang hilang. Pesawat itu membawa hampir 227 penumpang dan 12 awak pada 8 Maret 2014 saat dalam perjalanan ke Beijing dari Kuala Lumpur.

"Upaya pencarian yang diperbarui dapat terbukti bermanfaat dengan munculnya kendaraan otonom yang berkerumun untuk melakukan pencarian luas di dasar laut dengan efisiensi yang lebih besar," kata Ballard.

Sementara itu, ahli kelautan berencana untuk memulai ekspedisi kedua di salah satu misteri terbesar penerbangan, pencarian pesawat Amelia Earhart, yang menghilang di tengah Samudra Pasifik pada tahun 1937.

Upaya pertamanya pada tahun 2019 tidak berhasil, meskipun itu memberi Ballard dan timnya kesempatan untuk menguji alat dan teknologi baru selama pencarian.

Ballard berharap gadget cerdas yang baru dan lebih baik akan menginspirasi generasi muda untuk mengikuti jejaknya dan semangat serta semangatnya untuk eksplorasi.

"PBB memperkirakan ada antara tiga dan empat juta bangkai kapal di lautan, jadi saya menganggapnya sebagai kapsul waktu dari sejarah manusia," lanjut dia.

Bob Ballard telah bekerja di Laut Hitam di mana kapal-kapal benar-benar dalam kondisi sangat baik. "Saya menemukan kapal karam dari 250 SM yang memiliki sisa-sisa manusia dan kargo yang terpelihara dengan sempurna," katanya.

"Saya ingin memberi tahu generasi berikutnya bahwa mereka akan menjelajahi lebih banyak Bumi daripada semua generasi sebelumnya dikombinasikan dengan kemajuan teknologi baru," katanya.

"Menemukan Titanic akan seperti bekerja dengan dua kaleng dan seutas tali dibandingkan dengan apa yang kita miliki sekarang," tambahnya.

 

#Bob Ballard #pesawat Malaysia Airlines MH370