Minggu, 13 Juni 2021 23:08

Antisipasi Kerumunan Penonton Kurban, Ini 6 Strategi Kepala BNPB Kendalikan Penyebaran Covid-19

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com

Ganip Warsito
Ganip Warsito

Enam strategi BNPB yang dilakukan umtuk kendalikan Covis-19

RAKYATKU.COMGanip Warsito memberi perhatian penuh pada pengendalian penyebaran Covid-19. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu sudah menyiapkan enam strategi khusus.

Salah satu yang juga mendapat perhatian yakni jelang hari raya Iduladha atau hari raya kurban. Biasanya, penyembelihan hewan kurban rawan menimbulkan kerumunan warga untuk melihat pemotongan hewan kurban.

Berikut enam strategi BNPB yang disampaikan Ganip Warsito dikutip dari siaran YouTube BNPB, Minggu (13/6/2021):

Baca Juga : BNPB Catat 93 Rumah Rusak dan Fasilitas Umum Terdampak Gempa Yogyakarta

1. Upaya untuk mengoptimalkan 3K atau komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi, khususnya dalam konteks konsep pentahelix pengendalian Covid-19.

2. Pemerintah akan semakin meningkatkan penegakan disiplin protokol kesehatan serta pembatasan mobilitas dan aktivitas penduduk.

Mendorong pemerintah daerah serta aparat penegak hukum agar mengawal penerapan disiplin protokol kesehatan. Aktivitas seperti hajatan wisata religi kunjungan-kunjungan tradisi dan kegiatan sosial diperketat.

Baca Juga : Pemkab Wajo Terima Bantuan Rp200 Juta dari BNPB untuk Penanganan Banjir

3. Pemerintah akan meningkatkan jumlah testing dan pelacakan kontak erat pasien Covid-19 atau tracing. Kemudian, peningkatan perawatan atau treatment terhadap pasien.

4. Mengimbau semua pihak memastikan ketersediaan tempat tidur rumah sakit, obat, hingga alat kesehatan di rumah sakit yang merawat pasien Covid-19. Juga perlu memaksimalkan fasilitas karantina terpusat, posko daerah level kelurahan, desa sebagai tempat isolasi mandiri suspek Covid-19.

5. Dilakukan pengetatan dan pemantauan dalam pelaksanan PPKM mikro di semua daerah.

Baca Juga : Gempa Magnitudo 7,5 Maluku: Sejumlah Rumah Rusak, Satu Korban Luka-Luka

6. Pemerintah akan mulai mengantisipasi potensi kenaikan kasus Covid-19 menjelang periode libur hari raya Iduladha.

 

#BNPB #ganip warsito