Sabtu, 12 Juni 2021 18:03

Begini Penampakan Rumah Tanpa Toilet, Air, dan Listrik yang Laku Rp51,8 Miliar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penampakan interior rumah yang laku Rp51,8 miliar di Sidney, Australia. (Foto: Real Estat)
Penampakan interior rumah yang laku Rp51,8 miliar di Sidney, Australia. (Foto: Real Estat)

Banyak peminat, rumah tanpa listrik, air, dan toilet ini akhirnya laku Rp51,8 miliar.

RAKYATKU.COM -- Apa yang biasa ditanyakan orang ingin beli rumah? Air dan listrik, dua di antara pertanyaan wajib. Lalu, kamar, toilet, dan keamanannya.

Kalau air dan listrik tidak ada, dipastikan harganya jatuh. Kondisi sebaliknya terjadi pada rumah ini. Walau tanpa fasilitas air, listrik, dan toilet ternyata masih bisa laku $4.705 juta atau sekitar Rp51,8 miliar.

Rumah berlokasi di Kensington di tenggara Sydney, Australia. Tidak hanya tidak punya sambungan air, listrik, dan toilet, rumah ini juga tidak punya dapur.

"Setelah jam 5 sore, sulit untuk menunjukkan rumahnya karena tidak ada listrik. Kami harus menggunakan lampu di ponsel kami untuk berjalan melewatinya," kata Joe Recep, agen penjual seperti dikutip dari Domain.

"Atapnya tidak bocor setelah hujan baru-baru ini, jadi masih kokoh," katanya kepada Domain.

Selama lelang, empat penawar mendaftar untuk rumah. Dua di antaranya ingin merestorasi rumah. Sementara yang lain ingin merobohkan dan membangun kembali rumah di atas blok seluas 556 meter persegi itu.

Vendor telah memiliki properti itu selama 16 tahun sejak 2005. Mereka membayar $1,1 juta untuk itu, memulai renovasi tetapi kemudian meninggalkannya, lapor Real Estate.

"Itu terlalu banyak pekerjaan, jadi mereka menarik pin dan tidak pernah dilanjutkan," kata Recep.

"Itu kosong sejak … rumput setinggi lutut ketika kami pertama kali pergi ke sana enam pekan lalu dan pembicaraan dari penduduk setempat adalah bahwa bahkan ada ular di halaman belakang," lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa sebelum pemilik menghentikan renovasi, mereka telah merobek beberapa hiasan langit-langit, dapur, toilet, dan kamar mandi.

Rumah itu kemudian tetap kosong selama beberapa tahun. Sementara agen menerima ratusan telepon dari pembeli yang ingin membelinya bahkan sebelum terdaftar untuk dijual.

"Penawar yang menang pada akhir pekan sekarang akan mencari untuk membangun kembali blok tersebut," tambah Recep.

 

#lelang rumah