Kamis, 03 Juni 2021 11:03

Plt Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa Lepas Peserta South Celebes ORX 7th Series 2021

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa Lepas Peserta South Celebes ORX 7th Series 2021

Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melepas peserta South Celebes Open Road Expedition (ORX) 7th Series 2021.

RAKYATKU.COM, GOWA - South Celebes Open Road Expedition (ORX) 7th Series 2021 kembali diselenggarakan di Sulsel. ORX kali ini dirangkaikan dengan aksi sosial ORX Peduli. Secara resmi pelepasan dilakukan oleh pemprov sulsel" href="https://rakyatku.com/tag/pemprov-sulsel">Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman didampingi Bupati pemkab gowa" href="https://rakyatku.com/tag/pemkab-gowa">Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Lapangan Sepak Bola Pallangga, Desa Pallangga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Kamis (3/6/2021).

Event ORX yang digelar oleh Indonesia Off-road Federation (IOF) Sulsel kali ini diikuti dengan jumlah peserta terbatas, hanya lebih 100 peserta. Peserta berasal dari Sulsel dan luar Sulsel yang yang terdiri dari dua bagian yaitu trail adventure dan mobil offroad.

Tak tanggung-tanggung, dengan membawa misi kemanusiaan dan lingkungan hidup, para off-roader akan melintasi 5 kabupaten dengan rute Kabupaten Gowa - Takalar - Bone - Sinjai - Soppeng dengan jarak sekitar 350 km selama kurang lebih 4 hari.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi kegiatan ORX tersebut. Menurutnya, ORX berperan dalam memberikan informasi mengenai akses jalan terisolir, salah satunya yang telah dirintis oleh Pemprov Sulsel yakni ruas jalan Takkalasi (Barru)-Lawo (Soppeng).

"Kegiatan ini, seperjuangan di jalan itu luar biasa sekali. Harapan kami mereka touring untuk promosi wisata, bakti sosial dan bagaimana edukasi ke masyarakat terkait protokol kesehatan," kata Andi Sudirman Sulaiman.

Mengingat event ini dilaksanakan masih dalam masa pandemi Corona, Andi Sudirman Sulaiman mengingatkan peserta dan panitia pelaksana untuk tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. Ia juga berpesan agar mengedukasi masyarakat di setiap pelosok yang dilewati terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga : Peringatan Hardiknas Tingkat Provinsi Sulsel Bertabur Penghargaan

"Pesan saya jaga kesehatan, protokol kesehatan, jaga ketertiban di jalan, jaga keselamatan, jaga kekompakan, serta menjaga lingkungan," pintanya.

Andi Sudirman berharap, hasil dari ORX Ke VII ini bisa membawa informasi pemetaan titik daerah terisolir maupun wisata yang bisa menjadi bahan Pemprov untuk nantinya bisa ditindaklanjuti. Apalagi nantinya bisa menjadi bahan masukan bagi Pemprov Sulsel dalam hal akses jalan terisolir maupun eksplore wisata.

Sementara itu Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap kegiatan tersebut dalam berjalan dengan lancar dan semua peserta dan panitia tidak menemukan kendala.

Baca Juga : Bupati Gowa: Keberlanjutan Program Pendidikan Makin Tingkatkan SDM Unggul

"Semoga semua berjalan dengan lancar. Tetap jaga kesehatan dan keselamatan," katanya.

Dalam acara pelepasan tersebut turut hadir diantaranya Wakil Gubernur Sulsel Periode 2008-2018, yang juga selaku Ketua rombongan ORX, Agus Arifin Nu'mang dan Ketua IOF Pengda Sulsel, Adi Rasyid Ali.

Penulis : Syukur
#Pemprov Sulsel #Pemkab Gowa #IOF Sulsel