Jumat, 28 Mei 2021 23:57

Dispopar Enrekang Fasilitasi Pengrajin Bambu Tingkatkan Kapasitas Usaha

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Koordinasi, sinkronisasi, dan penyelenggaraan peningkatan kapasitas daya saing wirausaha pemula di Aula Villa Bambapuang, Kamis (27/5/2021).
Koordinasi, sinkronisasi, dan penyelenggaraan peningkatan kapasitas daya saing wirausaha pemula di Aula Villa Bambapuang, Kamis (27/5/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kompetensi dan kreativitas, melalui kerajinan tangan, yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja, khususnya mendukung sektor pariwisata.

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Enrekang, melalui Bidang Kepemudaan melaksanakan kegiatan koordinasi, sinkronisasi, dan penyelenggaraan peningkatan kapasitas daya saing wirausaha pemula di Aula Villa Bambapuang, Kamis (27/5/2021).

Sebanyak 20 peserta ambil bagian pada kegiatan ini. Mereka adalah inkubasi pemuda kerajinan tangan bambu yang tersebar di Enrekang.

“Peserta yang diundang adalah mereka yang berada di sekitar objek-objek wisata karena mereka memang disiapkan untuk mendukung sektor pariwisata di Kabupaten Enrekang,” kata Kasi Pemberdayaan dan Kreativitas Pemuda Dispopar Enrekang, Fitria.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Fitria berujar, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kompetensi dan kreativitas, melalui kerajinan tangan, yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja, khususnya mendukung sektor pariwisata.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta dibekali edukasi masing-masing dari Kadispopar Enrekang, Dadang Sumarna, dan Kadisperindag Enrekang, Abdul Wahab. Selain itu, para peserta langsung mempraktikkan membuat kerajinan tangan dari bahan bambu, seperti membuat gantungan balon lampu, tas, tempat nasi, dan lainnya, yang dipandu instruktur kerajinan tangan bambu, Toni.

Pada kesempatan ini, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Enrekang, Johra MB menyempatkan hadir dan menyaksikan langsung para peserta membuat kerajinan tangan.

Baca Juga : Sofha Cicipi Pangan Berbahan Pisang, Bupati Perkenalkan Enrekang Sebagai Penghasil Sayur

“Sebagai Ketua Dekranasda, saya sangat mendukung kegiatan ini. Ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Enrekang untuk mendorong pengembangan UMKM. Untuk itu, mari kita bersungguh-sungguh menekuni ini. Sehingga, bukan hanya mengisi lapangan kerja, tetapi kegiatan ini dapat membuka tenaga kerja,” harap Johra yang juga Ketua TPKK Enrekang.

Pada akhir acara, Johra didampingi Kadispopar Enrekang dan Kabid Kepemudaan, Haeril Achmad menyerahkan sertifikat kepada peserta.

Johra juga menerima baju seragam dari Kadispopar Enrekang sebagai bentuk ucapan terima kasih karena Dekranasda Enrekang telah mendukung kegiatan ini.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

Selama kegiatan, para peserta wajib mematuhi protokol kesehatan. Panitia menyiapkan masker dan hand sanitizer kepada para peserta.

Penulis : Hasrul Nawir
#pemkab enrekang #Dispopar Enrekang