Rabu, 26 Mei 2021 12:04

Gelar Bimtek Kehumasan, Kemenag Barru Datangkan Humas Senior Kanwil Kemenag Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang diselenggarakan oleh Humas Kemenag Barru di Fadhil Café n Resto, Selasa (25/5/2021).
Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang diselenggarakan oleh Humas Kemenag Barru di Fadhil Café n Resto, Selasa (25/5/2021).

Salah satu tugas kehumasan adalah publikasi positif dan secara filosofis ini merupakan bagian dari metode dakwah yang diajarkan oleh Rasulullah Saw.

RAKYATKU.COM, BARRU – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barru, Jamaruddin, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang diselenggarakan oleh Humas Kemenag Barru di Fadhil Café n Resto, Selasa (25/5/2021). 

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 20 peserta yang merupakan kontributor berita dari utusan KUA dan madrasah di bawah naungan Kantor Kemenag Barru.

Bintek Kehumasan yang pertama kalinya dilaksanakan di Kemenag Barru ini menghadirkan Mawardy Siradj selaku narasumber utama yang juga merupakan humas senior pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga : 13 Jemaah Haji Embarkasi Makassar Meninggal di Arab Saudi, Ini Daftar Lengkapnya

Jamaruddin menyampaikan bahwa salah satu tugas kehumasan adalah publikasi positif dan secara filosofis ini merupakan bagian dari metode dakwah yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. yang berisi sejumlah metodologi yang saat ini masih sangat update dipraktikkan.

Lebih lanjut, Kakan Kemenag Barru mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan semoga seluruh peserta bisa menjadi corong dan pencitra positif bagi Kemenag Barru.

"Masyarakat Barru dan Sulsel harus tahu apa yang dikerjakan oleh Kemenag karena inilah salahsatu bentuk pertanggungjawaban moral kita kepada umat," kata Jamaruddin.

Baca Juga : Jemaah Haji Kloter Perdana Gelombang Kedua Embarkasi Makassar Berangkat Pakai Ihram

Jamaruddin juga mengajak seluruh peserta untuk menyatukan persepsi terkait tugas dan fungsi kehumasan. Analoginya, sebagus apa pun program dan kegiatan serta prestasi di sebuah lembaga, apabila tidak dikelola dengan baik publikasinya, ibarat gambar tanpa suara dan mimik.

“Jadi tugas Humas itu ialah menginformasikan, memublikasikan, membangun citra positif, dan meng-counter opini negatif di masyarakat,”ucap Jamaruddin.

Ia juga mengapresiasi insiatif Humas Kemenag Barru yang menyelenggaran kegiatan seperti ini demi meningkatkan optimalisasi pemberitaan yang ada di lingkungan Kantor Kemenag Barru.

Baca Juga : 20 Tahun Nantikan Anak, Calon Jemaah Haji Asal Bone Batal Berangkat karena Hamil

“Alhamdulillah Humas Kemenag Barru saat ini menduduki peringkat kedua terbanyak beritanya di Sulsel. Tapi, harus kita ingat, di luar kuantitas, kita juga harus memperhatikan kualitas pemberitaan, utamanya terkait substansi program keagamaan di kemenag,” tuturnya.

Dia akhir arahannya, mantan Kakan Kemenag Pangkep selama 8 tahun kurang 2 hari tersebut, meminta kepada semua peserta yang menjadi kontributor agar menjadikan Kemenag sebagai rujukan dan narasumber utama bagi umat. Selain itu, menjadikan Kemenag sebagai pengawal kehidupan masyarakat Barru khususnya di bidang keagamaan.

Penulis : Usman Pala
#Kemenag Barru #Kemenag Sulsel