Selasa, 18 Mei 2021 20:59

Erdogan Sebut Biden Berlumur Darah karena Dukung Israel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Recep Tayyip Erdogan. (Foto: DW News)
Recep Tayyip Erdogan. (Foto: DW News)

Anda memaksa kami untuk mengatakan ini karena kami tidak bisa diam lagi mengenai hal ini," kata Recep Tayyip Erdogan dalam pidatonya yang ditujukan kepada presiden Amerika Serikat.

RAKYATKU.COM - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan tangan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, "berlumur darah" karena mendukung Israel dalam konflik di Jalur Gaza.

Komentar presiden Turki pada Senin (17/5/2021) itu merupakan salah satu kecaman terkerasnya sejak Biden menjabat di Gedung Putih pada Januari.

Erdogan selama beberapa bulan terakhir berupaya memperbaiki hubungan dengan Washington dan menjangkau sekutu Barat lainnya setelah setahun berselisih keras.

Baca Juga : Kemenag dan Baznas kirim 10 Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Namun, dia secara langsung mengecam Biden dalam pidato yang disiarkan televisi secara nasional.

"Anda sedang menorehkan sejarah dengan tangan yang berlumuran darah. Anda memaksa kami untuk mengatakan ini karena kami tidak bisa diam lagi mengenai hal ini," kata Erdogan dalam pidatonya yang ditujukan kepada presiden AS.

Sementara itu, Presiden Joe Biden, Senin (17/5/2021), mengatakan akan berbicara dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengenai kekerasan Israel.

Baca Juga : Masyarakat Luwu Utara Kirim Donasi untuk Palestina

"Saya akan berbicara dengan perdana menteri Netanyahu dalam satu jam dan saya akan memberi tahu Anda setelah itu," katanya.

Erdogan mendapat dukungan di seluruh Timur Tengah dengan secara vokal membela perjuangan Palestina selama 18 tahun pemerintahannya. Dia pekan lalu menuduh Israel melancarkan "terorisme" dan berjanji untuk menggalang dunia untuk membela Gaza.

"Hari ini kita menyaksikan Biden menandatangani penjualan senjata ke Israel," kata Erdogan, mengacu pada laporan media AS tentang pengiriman senjata baru yang disetujui oleh pemerintahan Biden.

Baca Juga : Korban Tewas di Palestina Tembus 14 Ribu Orang, 5.600 Anak-anak

"Wilayah Palestina dilanda penganiayaan, penderitaan dan darah, seperti banyak wilayah lain yang kehilangan kedamaian dengan berakhirnya kekaisaran Ottoman. Dan Anda mendukungnya," kata Erdogan kepada Biden.

Sumber: VOA Indonesia

#Recep Tayyip Erdogan #palestina #Israel #Joe BIden