Senin, 17 Mei 2021 23:03

Inilah Andi Sukmawati, Polwan yang Ditakuti Penjahat Narkoba di Selayar

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Andi Sukmawati (tengah)
Andi Sukmawati (tengah)

Kasat Narkoba Polres Selayar, Andi Sukmawati kian gencar memberantas peredaran narkoba di Selayar.

RAKYATKU.COM, SELAYAR - Kasat Narkoba Polres Selayar, Andi Sukmawati kian gencar memberantas peredaran narkoba di Selayar. Kasus narkoba banyak terungkap di tangan Polwan berpangkat Iptu itu.

Rilis terakhir yang dikeluarkan hingga bulan Maret 2021, 15 Pelaku berhasil diamankan. Termasuk uang puluhan juta menjadi barang bukti.

Wanita kelahiran 12 Desember 1977 itu, terbilang tangguh. Meski dengan usianya yang menginjak 44 Tahun, ia bersemangat untuk terjun langsung pada beberapa kasus penangkapan narkoba. Bahkan kerap kali mendapat medan yang menyulitkan.

Baca Juga : Hingga Maret 2021, Sat Narkoba Selayar Sudah Amankan 15 Tersangka Narkoba

Ia pun membeberkan jika menjadi seorang polisi tentu memiliki tantangan yang besar, namun ia tetap bersemangat. Terutama mengendepankan pendekatan sosial terhadap pelaku.

"Alhamdulillah sejak bertugas di Selayar sejak 2019 silam, dan dalam memimpin penangkapan, semua persuasif ke kita karena mereka juga adalah manusia biasa. Dan tentu saya instruksikan ke pada teman-teman petugas kalau pelaku tidak lakukan perlawanan, mengapa meski dengan bertindak tegas," ujarnya.

 

Sebagai seorang perempuan yang memiliki dua orang anak, Andi Sukmawati tentu tak melupakan sosoknya sebagai seorang ibu di rumah. Membimbing anaknya dan tentu menjadi teladan agar terhindar dari pengaruh-pengaruh negatif.

Baca Juga : Polres Selayar Laksanakan Vaksinasi Dua Hari, 150 Personel Mulai Disuntik

"Menjadi seorang kasat dan ibu untuk anak-anak, cara membagi waktu untuk pekerjaan dan anak tidak terlalu repot karena mereka sudah mengerti pekerjaan ibunya," ujar Andi Sukma.

Tak jarang sang buah hati bertanya ke ibunda jika tiba-tiba saja keluar pada waktu larut malam karena adanya penangkapan. Namun karena sang buah hati mendapat penjelasan yang baik, maka mereka mudah memahami.

Tak sampai di situ saja, wanita yang gemar memakai kacamata tersebut bahkan kerap kali menasihati sang buah hati akan hal-hal yang dapat membahayakan.

Baca Juga : Tindak Tegas Pelanggar Prokes COVID-19, Polres Selayar Sisir Pusat Keramaian

"Tentunya sebagai Kasat Narkoba, saya selalu banyak berbincang-bincang dengan tetangga akan bahaya narkoba. Bahkan kami memang intens sosialisasi di masyarakat. Apalagi tak bisa dipungkiri narkotika sudah masuk ke desa-desa," jelasnya.

Andi Sukmawati juga pernah menjabat sebagai bagian SDM di Polda Sulsel hingga akhirnya masuk Polres Kepulauan Selayar.

Saat ini wanita murah senyum itu bahkan akan segera berpangkat Ajung Komisaris Purnawirawan (AKP) dalam waktu dekat ini.

Penulis : Rahmatullah
#polres selayar