Selasa, 04 Mei 2021 09:01

Bill Gates dan Melinda Cerai Setelah 27 Tahun Menikah, Ini Daftar Harta Gono Gini yang Mencapai Rp2.529 Triliun

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bill Gates dan Melinda Cerai Setelah 27 Tahun Menikah, Ini Daftar Harta Gono Gini yang Mencapai Rp2.529 Triliun

Harta kekayaan Gates sebesar Rp1.792 triliun dan aset yayasan Rp737 triliun ditotal maka jumlahnya Rp2.529 triliun.

RAKYATKU.COM,WASHINGTON - Bill Gates kembali bikin berita besar. Setelah 27 menikah, dia mengambil keputusan bercerai dengan istrinya, Melinda Gates.

Bill Gates adalah orang terkaya keempat di dunia, menurut Forbes. Harta kekayaannya mencapai USD124 miliar atau sekitar Rp1.792 triliun.

Keduanya adalah ketua bersama dan pengawas dari lembaga nirlaba Bill and Melinda Gates Foundation, yang diluncurkan pada 2000. Dikutip dari CNBC, yayasan tersebut saat ini memiliki aset lebih dari USD51 miliar atau sekitar Rp737 triliun.

Baca Juga : Bill Gates Ungkap Cara untuk Akhiri Pandemi COVID-19 2022 Nanti

Jika harta kekayaan Gates sebesar Rp1.792 triliun dan aset yayasan Rp737 triliun ditotal maka jumlahnya Rp2.529 triliun. Apakah kekayaan itu akan dibagi dua atau bagaimana, belum ada rincian lebih lanjut.

“Detail keuangan dari keputusan tersebut tidak segera jelas,” ungkap laporan kantor berita Reuters.

Keterkejutan masih dirasakan banyak pihak atas kabar perceraian itu. Dunia filantropi pun menunggu kabar lebih rinci tentang nasib yayasan pasangan tersebut yang memiliki banyak program di penjuru dunia.

Baca Juga : Wow ... Mantan Istri Bill Gates Sewa Pulau Pribadi Rp1,8 Miliar per Malam

"Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun satu yayasan yang bekerja di penjuru dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif," tweet Gates.

"Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan di fase selanjutnya dalam hidup kami,” papar Gates.

Perceraian Bill Gates dan Melinda Gates itu terjadi dua tahun setelah pendiri Amazon.com Inc Jeff Bezos mengatakan bahwa dia dan istrinya, MacKenzie, bercerai.

Baca Juga : Wanita Ini Dituding Menjadi Orang Ketiga di Balik Pisahnya Bill Gates dan Melinda

Gates keluar dari Harvard untuk ikut mendirikan Microsoft dengan teman sekolahnya Paul Allen pada 1975. Gates memiliki 49 persen dari Microsoft pada penawaran umum perdana pada 1986, yang membuatnya menjadi multi-jutawan instan. Dengan pertumbuhan pesat Microsoft, dia segera menjadi orang terkaya di dunia.

Gates, yang menjadikan perusahaan itu salah satu firma teknologi paling berharga di dunia, mengundurkan diri dari dewan pada Maret 2020 untuk fokus pada filantropi.

Keluarga Bill dan Melinda

Baca Juga : Bercerai dari Bill Gates, Melinda Bisa Dapat Harta Sebanyak Ini

Bill dan Melinda memiliki tiga anak. Mereka yakni Jennifer yang berumur 25 tahaun, Phoebe 18 tahun, dan Rory 21 tahun.

Keluarga ini memiliki rumah utama di negara bagian Washington, di pinggiran Seattle. Mereka juga memiliki properti di California, Florida, Wyoming, dan Massachusetts. Selain itu, mereka memiliki jet pribadi dan koleksi seni yang menakjubkan. Bill juga memiliki armada mobil cepat.
Pasangan itu bertemu di Microsoft pada 1987 dan menikah pada 1 Januari 1994.

Pada tahun 2000, mereka mendirikan The Gates Foundation, yang didedikasikan untuk membantu beberapa orang termiskin di dunia melalui inisiatif seperti pemberantasan polio, mengurangi penyebaran malaria dan HIV / Aids, dan berinvestasi dalam sanitasi dan sistem keuangan bagi mereka yang tidak.

Baca Juga : Bill Gates: Tahun 2022 Covid-19 Hilang dan Kehidupan Kembali Normal

Dilansir oleh Daily Mail, keduanya telah menggelontorkan sejumlah besar uang mereka sendiri ke dalam Yayasan, menjadikannya salah satu organisasi filantropi terbesar di dunia.

Pada 2010 mereka mendirikan The Giving Pledge, bersama Warren Buffett, dan berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka. Ketiga anak mereka masing-masing akan menerima US$10 juta - sebagian kecil dari kekayaan orang tua mereka.

Namun, terlepas dari The Giving Pledge, mereka tetap memiliki banyak aset yang perlu dibagi di antara mereka ketika perceraian ini rampung.

Baca Juga : Bill Gates: Tahun 2022 Covid-19 Hilang dan Kehidupan Kembali Normal

Salah satu properti yang paling besar dimiliki keluarga miliarder ini adalah rumah yang bernama Xanadu 2.0. Ini adalah rumah berbentuk mansiun seluas 66.000 kaki persegi yang terletak di Medina, sekitar 9 mil dari Seattle. Gates membeli lahan ini pada 1988 dengan harga US$2 juta.

Namun, dia menghabiskan 7 tahun membangun rumah tersebut dengan biaya US$63 juta. Konstruksi rumah di pinggir danau tersebut sempat menuai kemarahan dari tetangga sekitar, menurut berita The Washington Post.

Gates memberikan gratis cuci mobil dan menugaskan kontraktornya membantu proyek kecil di daerah rumahnya. Rumah tersebut saat ini bernilai US$125 juta.

Baca Juga : Bill Gates: Tahun 2022 Covid-19 Hilang dan Kehidupan Kembali Normal

"Saya menginginkan keahlian tetapi tidak ada yang mencolok," tulis Gates dalam bukunya, The Road Ahead, yang ditulis ketika rumahnya sedang dibangun.

Keluarga Gates juga memiliki peternakan senilai US$59 juta di Wellington, Florida. Ini merupakan daerah berkuda yang sering dikunjungi oleh anak tertua Bill Gates, Jennifer. Bil Gates memiliki 1,37 persen saham Microsoft yang bernilai US$26 miliar, menurut CNBC.

Dia turun dari jabatannya di Microsoft pada Maret 2020. Namun, Bill Gates tetap menjadi penasihat CEO Satya Nadella. Dia juga mendirikan perusahaan modal ventura, Gates Ventures. Pada 2017, Melinda juga memiliki organisasi baru bernama Pivotal Ventures yang dibangun untuk menampung ide-idenya yang tidak sesuai dengan struktur di Gates Foundation.

#Bill Gates