Senin, 22 November 2021 09:16

Bill Gates Ungkap Cara untuk Akhiri Pandemi COVID-19 2022 Nanti

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bill Gates. (Foto: Bloomberg)
Bill Gates. (Foto: Bloomberg)

Antara vaksin dan obat antivirus, Bill Gates mengatakan tingkat gejala parah dan kematian yang disebabkan oleh COVID-19 bisa menurun secara drastis pada musim panas 2022.

RAKYATKU.COM - Ada dua strategi untuk mengakhiri pandemi COVID-19 pada 2022 nanti seperti diungkapkan Bill Gates. Dua cara itu adalah terus menggenjot vaksinasi dan menggunakan obat antivirus untuk mencegah kematian.

Gates menyampaikan hal itu saat berbicara di event Bloomberg New Economy Forum, Rabu (17/11/2021) lalu. Menurutnya, mengakhiri pandemi bukan berarti tidak ada lagi kasus COVID-19, melainkan jumlah kasusnya bisa diturunkan secara drastis pada akhir 2022.

Gates mengatakan target itu realistis untuk dicapai setelah melihat progres vaksinasi di seluruh dunia dan perkembangan obat antivirus. Ia menyadari di beberapa wilayah akses dan permintaan terhadap vaksin masih rendah, tapi akses akan ditingkatkan tahun depan setelah masalah pasokan diperbaiki.

Baca Juga : Inilah Keppres Penetapan Berakhirnya Status Pandemi Covid-19 di Indonesia

Namun, menurutnya, untuk mendorong permintaan vaksin mungkin akan sulit, terutama di daerah seperti di negara-negara Afrika sub-Sahara di mana pandemi COVID-19 tidak begitu kelihatan.

Sementara untuk obat antivirus, pendiri Microsoft ini mengatakan ia terkesan dengan pengembangannya meskipun belum disetujui oleh U.S. Food and Drug Administration. Jika disetujui, obat-obat ini bisa menurunkan jumlah orang yang menderita gejala parah dan harus dirawat di rumah sakit karena COVID-19.

Saat ini dua obat antivirus yang sudah didaftarkan ke FDA adalah molnupiravir buatan Merck dan Paxlovid buatan Pfizer. Gates mengatakan penderita COVID-19 nantinya bisa langsung mengonsumsi obat ini setelah mendapatkan hasil positif.

Baca Juga : WHO Akhiri Status Darurat Kesehatan Global Covid-19

Antara vaksin dan obat antivirus, Gates mengatakan tingkat gejala parah dan kematian yang disebabkan oleh COVID-19 bisa menurun secara drastis pada musim panas 2022. Tapi ia memperingatkan perkiraan itu bisa saja mundur karena munculnya varian COVID-19 yang lebih baru dan berbahaya.

"Saat ini, bukti adanya (varian baru) tidak begitu mungkin. Tapi itu tidak bisa benar-benar dikesampingkan," kata Gates.

#Pandemi Covid-19 #Bill Gates