Selasa, 20 April 2021 15:02

Berkat Inovasi Gadis Aman, Pasar Sumpang Parepare Jadi Tempat Belanja Nyaman Sekaligus Tempat Rekreasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Berkat Inovasi Gadis Aman, Pasar Sumpang Parepare Jadi Tempat Belanja Nyaman Sekaligus Tempat Rekreasi

Pasar Sumpang Minangae Parepare jadi tempat belanja nyaman sekaligus tempat rekreasi keluarga.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Pasar Sumpang Minangae yang terletak di Muara Sungai Karajae, Kota Parepare dulunya kotor dan kumuh.

Siapa sangka, pasar ini kini terpoles dan menjadi nominator mewakili provinsi Sulawesi Selatan dalam lomba pasar pangan aman tingkat nasional yang digelar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

“Kami di Parepare punya Pasar Sumpang secara emosional harus disentuh dengan inovasi. Dulunya keliatan jorok. Namun saya sulap menjadi pasar rakyat yang aman dan nyaman karena berada di Sungai Karajae yang menjadi venue konsep medical tourism,” terang Taufan dalam sambutannya saat menerima tim verifikasi di ruang pola kantor wali kota Parepare, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga : Parepare Daerah Tertinggi Pendataan Keluarga Tercepat dan Valid

Ide awal renovasi Pasar Sumpang, kata Taufan, muncul ketika dirinya menghadiri sebuah pertemuan di Bali tahun 2015 lalu.

“Saya penasaran karena di dalam pertemuan disinggung Pasar Sindu di Sanur yang terkenal sebagai pasar tradisional yang bersih. Kemudian saya secara diam-diam bersama seorang kepala SKPD berkunjung ke sana. Dari situ lah kemudian muncul konsep inovasi Pasar Sumpang di kepala saya,” urai Taufan.

 

Saat ini, kata Taufan, terdapat campur tangan 12 SKPD dengan inovasi Gadis Aman (Gabungan Dinas Pasar Aman) dalam mewujudkan Pasar Sumpang Minangae sebagai pasar aman dari bahan berbahaya serta pemenuhan hak dasar konsumen.

Baca Juga : Disporapar Bukan Ruang Daftar Kekayaan Intelektual Anak Parepare

Selain bisa berbelanja kebutuhan dapur, di Pasar Sumpang Minangae juga terdapat panganan dari hasil ekonomi kreatif dan industri rumah tangga.

“Ada 12 SKPD yang berperan terutama untuk meujudkan pasar sebagai ousat destinasi wisata ke depannya, kalau ada satu keluarga yang berbelanja ke Pasar Sumpang, istrinya masuk belanja ke dalam pasar, sementara suami dan anaknya bisa berwisata di Sungai Karajae,” bebernya.

Hardaningsih, kepala BPOM Makassar mengaku takjub dengan inovasi yang ditelurkan Wali Kota Parepare ke-17 tersebut.

Baca Juga : Nekat Jual Miras saat Ramadan, Satpol PP Parepare Tutup Cafe Bambu di Soreang

“Komitmen yang tinggi dalam merevitalisasi Pasar Sumpang menjadi pasar aman patut kita apresiasi. Inovasi Gadis Aman semoga bisa dibuktikan, dengan melihat inovasi pasti akan menjadi pembeda,” tuturnya.

 

Penulis : Hasrul Nawir
#pasar sumpang minangae #parepare