Selasa, 06 April 2021 14:52

Siapkan Generasi Emas 2045, SMA Islam Athirah Bukit Baruga Undang Bupati Gowa dan Danyonkav 10/Mendagiri

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan

Tujuan digelarnya kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan ini adalah untuk membekali peserta didik pengetahuan tentang gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR – Indonesia memiliki target di tahun 2045 menjadi negara maju. Masuk dalam jajaran lima besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

Sehubungan dengan itu, penting untuk mempersiapkan pelajar sebagai generasi penerus menyongsong Indonesia Emas. Pemuda ibarat pohon, ketika disiram dengan hal-hal postif, maka pohon tersebut akan tumbuh subur.

Dengan pendidikan wawasan kebangsaan, akan lahir generasi emas di tahun 2045.

Baca Juga : Dua Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Lolos di Universitas Indonesia

Sekolah Menengah Atas (SMA) Islam Athirah Bukit Baruga akan mengadakan kegiatan yang dinamakan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK). Pembicara yang dihadirkan adalah Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan SH MH.

Pembicara kedua, Komandan Batalyon Kavaleri 10/Mendagiri, Letkol Kav Agung Wirakusuma Eka Putra SE. Kegiatan ini bertajuk “Implikasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan terhadap Ketahanan Pribadi Siswa untuk Generasi 2045”.

Baca Juga : SMA Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Program Super Intensive Persiapan UTBK 2023

Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga bidang kesiswaan dan IT, Abdul Azis SPd MPd mengutarakan, kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan ini akan diikuti para siswi-siswi SMA Islam Athirah Bukit Baruga kelas X dan XI.

“Jenis kegiatannya yaitu pada hari pertama, tanggal 7 April 2021 akan digelar talkshow bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan SH MH,” ujar Abdul Azis di Makassar, Selasa (6/4/2021).

Tujuan digelarnya kegiatan pendidikan wawasan kebangsaan ini adalah untuk membekali peserta didik pengetahuan tentang gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa. Sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan negara di masa depan. Khususnya, apa saja peran pemuda di masa yang akan datang.

Baca Juga : SMA Islam Athirah Bukit Baruga Juara Futsal Se-Athirah

Di hari kedua, lanjut Azis, pada tanggal 8 April 2021 akan digelar webinar pentingnya pemahaman bela negara terhadap pelajar dengan pemateri Komandan Batalyon Kavaleri 10/Mendagiri.

“Setelah itu dilanjutkan dengan fieldtrip virtual berupa kunjungan untuk melihat alutsista negara,” kata Azis.

Baca Juga : Enam Pelajar Raih TOEFL Tertinggi, SMA Islam Athirah Bukit Baruga Beri Sertifikat

Nilai ingin dicapai, sambung Azis, adalah terbentuknya ketahanan pribadi siswa dan memahami pentingnya kerja keras serta membentuk pribadi disiplin demi menuju generasi emas Indonesia 2045.

Ketua Panitia kegiatan, Sabaruddin Lc mengungkapkan, kegiatan materi pelatihan wawasan kebangsaan dalam kerangka NKRI dimaksudkan untuk menanankan dan meningkatkan pengetahuan wawasan kebangsaan peserta didik perihal empat indikator.

Adapun indikatornya adalah pemahaman wawasan kebangsaan, peran pemuda di masa akan datang, bertanggung jawab, dan disiplin.

#SMA Islam Athirah Bukit Baruga