Selasa, 30 Maret 2021 17:55

Rapat Paripurna LKPJ 2020, Plt Gubernur Sulsel Sempat Minum Jongkok di Sela-Sela Pembacaan Laporan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Rapat paripurna dilaksanakan di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Selasa (30/3/2020).
Rapat paripurna dilaksanakan di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Selasa (30/3/2020).

Di sela-sela pembacaan laporan yang cukup panjang di atas podium tersebut, kepada para anggota dewan yang terhormat Andi Sudirman meminta izin sejenak untuk berhenti.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri rapat paripurna yang dilaksanakan di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel, Selasa (30/3/2020).

Rapat paripurna tersebut dilaksanakan dengan agenda penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Sulsel akhir tahun anggaran 2020.

Paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika, dihadiri oleh Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sulsel, Sekprov Sulsel, TGUPP, serta pimpinan OPD Lingkup Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Andi Sudirman menyampaikan, LKPJ dengan penjelasan laporan kinerja keuangan daerah akhir tahun anggaran 2020 dimulai dengan capaian realisasi pendapatan daerah Provinsi Selatan sampai dengan akhir 2020 Rp9,36 triliun atau 95,31 Persen dari target yang ditetapkan pada perubahan APBD tahun anggaran 2020 sebesar Rp9,82 triliun.

"Pendapatan daerah tersebut bersumber dari masing-masing jenis penerimaan pendapatan asli daerah (PAD), dana transfer, dana perimbangan, dan lain-lain pendapatan yang sah," kata saat membacakan laporan.

Realisasi PAD, lanjut Andi Sudirman, dapat dicapai sebesar Rp3,89 triliun atau 94,35 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp4,12 triliun.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

PAD bersumber dari pajak daerah, retribusi, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan serta lain-lain PAD yang sah.

"Realisasi kelompok penerimaan dana transfer dari pemerintah pusat mencapai sebesar Rp5,39 triliun atau 97,10 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 5,56 triliun. Pendapatan transfer tersebut bersumber dari masing-masing jenis yaitu, transfer dana perimbangan, jumlah pendapatan transfer pusat lainnya," tambahnya.

Di sela-sela pembacaan laporan yang cukup panjang di atas podium tersebut, kepada para anggota dewan yang terhormat Andi Sudirman meminta izin sejenak untuk berhenti.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

Dia terlihat mengambil minuman botol yang disiapkan di podium dan meminumnya dengan cara jongkok. "Izin, minum dulu," kata adik mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, tersebut saat mengambil botol minuman.

Andi Sudirman lalu lanjut membacakan laporan dengan mengatakan, realisasi pendapatan transfer dana perimbangan sebesar Rp5,39 triliun atau 97,09 persen dari Rp 5,55 triliun, realisasi transfer pemerintah pusat lainnya sebesar Rp4,5 miliar atau 100 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp4,5 miliar--dana penyesuaian dari pemerintah pusat.

"Realisasi penerimaan lain-lain pendapatan daerah yang Ssah sebesar Rp75,52 miliar atau 53,30 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp141,71 miliar yang merupakan pembayaran dana hibah dari pemerintah pusat," sebutnya.

#Pemprov Sulsel #dprd sulsel #Andi Sudirman Sulaiman