Minggu, 28 Maret 2021 20:02

Batik Air Kembali Setelah 15 Menit Terbang, Harus Berputar-putar Sebelum Mendarat karena Kabut

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ILUSTRASI
ILUSTRASI

Setelah 15 menit mengudara, pilot Batik Air memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal atau return to base (RTB) setelah berkomunikasi dengan petugas lalu lintas udara.

RAKYATKU.COMBatik Air bikin 120 penumpang deg-degan, Minggu sore (28/3/2021). Baru 15 menit terbang, pilot memutuskan kembali ke bandara awal.

Pesawat dengan nomor penerbangan ID-6355 itu berangkat dari Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Rencananya berangkat menuju Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang.

Pesawat jenis Boeing 737-900ER registrasi PK-LBI itu mengangkut 120 penumpang beserta enam awak pesawat.

Baca Juga : Pesawat Batik Air Rem Mendadak Jelang Terbang, Dokter Boyke yang Jadi Salah Satu Penumpang: Sudah Ngangkang ke Atas

"Sesuai standar operasional prosedur, pengecekan pesawat sebelum keberangkatan tetap dijalankan secara menyeluruh berdasarkan Company Maintenance Manual oleh teknisi," ujar Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, Minggu (28/3/2021).

Hasil pengecekan pada pesawat, kata Danang, menunjukkan laik terbang dan beroperasi.

Setelah seluruh proses penanganan di darat selesai, Batik Air lepas landas dengan jadwal keberangkatan dari Bandara Jenderal Ahmad Yani pada 14.15 WIB.

Baca Juga : Indikator Rem Bermasalah saat Menuju Landas Pacu, 26 Penumpang Batik Air Batal Terbang

Setelah 15 menit mengudara, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal atau return to base (RTB) setelah berkomunikasi dengan petugas lalu lintas udara.

Pilot menemukan salah satu indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen tertentu tidak dalam posisi yang seharusnya sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kembali di darat. Keputusan pilot ini sesuai standar prosedur keselamatan udara.

"Sebelum mendarat, pesawat melakukan putaran dikarenakan cuaca buruk dengan jarak pandang pendek, yang tidak memenuhi kualifikasi keselamatan untuk pesawat mendarat atau lepas landas," jelas Danang.

Baca Juga : Batik Air Mendarat Darurat di Bandara Kualanamu karena Mesin Bermasalah, 271 Penumpang Selamat

Setelah jarak pandang dinyatakan aman dan mendapatkan izin mendarat dari pengatur lalu lintas udara, Batik Air penerbangan ID-6355 mendarat pukul 15.00 WIB.

Pesawat saat ini sudah berada di landas parkir (apron) bandara. Seluruh tamu diarahkan dan dibawa ke ruang tunggu guna mendapatkan informasi dan layanan lebih lanjut.

"Batik Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu yang terganggu perjalanannya atas ketidaknyamanan yang timbul dari penerbangan ID-6355," lanjut Danang.

Baca Juga : Bisa Main Gadget di Batik Air, Begini Cara Mengoperasikannya

Batik Air telah menyampaikan informasi sesuai perkembangan terkini dan tengah mempersiapkan kompensasi keterlambatan keberangkatan berdasarkan ketentuan yang berlaku.

Pilihan layanan yang juga diberikan kepada tamu atau sesuai permintaan tamu penerbangan ID-6355, antara lain: perubahan jadwal keberangkatan atau pengembalian dana dari tiket.

#batik air #Pendaratan darurat