Kamis, 11 Maret 2021 21:45

Puncak HUT Kota Parepare Digelar 13 Maret, Plt Gubernur Sulsel Bakal Resmikan 13 Proyek

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekretaris Panitia HUT Ke-61 Parepare, M. Anwar Amir.
Sekretaris Panitia HUT Ke-61 Parepare, M. Anwar Amir.

Ada 13 proyek yang akan diresmikan nantinya digabung menjadi 9 prasasti.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-61 Kota Parepare dipastikan berlangsung Sabtu (13/3/2021).

Peringatan HUT akan berlangsung dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Parepare, mulai pukul 09.00 Wita.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, akan hadir bersama rombongan pejabat Pemprov Sulsel.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Ada beberapa agenda Plt Gubernur, di antaranya peresmian beberapa proyek monumental Parepare dan Sulsel.

Hal ini seperti penyampaian Sekretaris Panitia HUT Ke-61 Parepare, M. Anwar Amir, Kamis (11/3/2021).

"Sudah siap puncak peringatan hari jadi ke-61 Kota Parepare melalui rapat paripurna di DPRD Parepare pada Sabtu 13 Maret 2021 dimulai pukul 09.00 Wita," ujar Anwar.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

Anwar mengemukakan, karena masih dalam masa pandemi COVID-19, undangan yang hadir di DPRD dibatasi, hanya kurang lebih 85 orang ditambah rombongan Plt Gubernur.

Bagi peserta lainnya dapat mengikuti acara puncak secara virtual. Panitia menyiapkan fasilitas room meeting zoom berkapasitas 500 partisipan. Bagi masyarakat umum dapat menyaksikan secara langsung (live) di TV Peduli dan kanal YouTube.

“Acara puncak ini bernuansa kebudayaan sehingga semua undangan yang hadir wajib mengenakan pakaian adat tradisional,” kata Anwar.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Managemen RSUD Andi Makkasau Tanam Puluhan Batang Pohon

Plt Gubernur pada acara puncak nanti akan meresmikan secara simbolis beberapa proyek yang telah dilaksanakan di Parepare pada 2020. Dengan nilai anggaran Rp13,7 miliar dari jumlah belanja modal Rp142,7 miliar atau 9,6 persen dari total belanja modal 2020.

Beberapa proyek yang akan diresmikan, yakni Museum Daerah BJ Habibie, Lounge BJ Habibie, Panggung Tonrangeng Riverside, panggung kesenian/pertunjukan, tribune pesisir sungai, gazebo, revitalisasi Stadion Gelora Mandiri, Taman Binalipu, pengembangan TPA Aloppoe, trotoar Jalan Bau Massepe, trotoar Jalan Ganggawa, pembangunan dan rehabilitasi gedung IGD, pembangunan dan rehabilitasi CSSD.

Ada 13 proyek yang akan diresmikan nantinya digabung menjadi 9 prasasti.

Baca Juga : Peringati Hari Bumi, Pemkot Parepare Gelar Penanaman Pohon Serentak

Termasuk Kantor Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Pekerja Migran Indonesia (PMI) Sulsel yang ditempatkan di Parepare. Rencananya juga akan diresmikan oleh Plt Gubernur.

Namun, peresmian LTSA tidak masuk dalam agenda di DPRD. Setelah rapat paripurna di DPRD, Plt Gubernur bergeser ke Gedung LTSA di bekas Kantor Kapet Parepare. Di lokasi itu dilakukan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

"Iya, dalam susunan acara, Bapak Plt Gubernur akan meresmikan proyek-proyek pembangunan tahun 2020, termasuk Kantor Layanan Terpadu Satu Atap Pekerja Migran Indonesia Sulsel,” terang Anwar yang juga Kabag Administrasi Pembangunan Pemkot Parepare.

Baca Juga : Halal Bihalal, Managemen RSUD Andi Makkasau Saling Support Berikan Layanan Berkualitas

Sedianya puncak HUT Parepare akan diperingati pada 3 Maret 2021. Namun, tertunda hingga 13 Maret 2021.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, sudah menemui Plt Gubernur untuk meminta kesediaannya hadir pada acara puncak HUT Parepare, sekaligus meresmikan beberapa proyek monumental.

"Kami meminta kesediaan Bapak Plt Gubernur untuk menghadiri puncak perayaan HUT Kota Parepare yang nantinya akan digelar melalui rapat paripurna DPRD Parepare. Kita juga meminta kesediaan beliau untuk meresmikan sejumlah proyek pembangunan monumental di Parepare," ungkap Taufan Pawe yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #HUT Kota Parepare