Rabu, 10 Maret 2021 10:32

Soal Jemaah Haji Wajib Vaksinasi COVID-19, Ini Pernyataan Menteri Agama

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: YouTube Kemenag)
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: YouTube Kemenag)

Belum ada informasi resmi dari Arab Saudi mengenai penyelenggaraan haji 2021 atau 1442 Hijriah.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, merespons informasi bahwa Kementerian Kesehatan Saudi mensyaratkan vaksin COVID-19 bagi jemaah haji.

Yaqut mengatakan bahwa belum ada pemberitahuan resmi dari otoritas Arab Saudi terkait pemberlakuan syarat vaksin bagi calon jemaah yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini.

"Berita yang beredar itu juga tidak bisa dijadikan dasar karena belum ada surat atau pemberitahuan resmi dari Saudi," kata Yaqut dalam keterangan resmi yang dikutip pada Rabu (10/3/2021).

Baca Juga : Muhammad Tonang Resmi Jabat Kakanwil Kemenag Sulsel

Yaqut mengaku telah mendengar berita tentang syarat vaksin bagi jemaah haji. Akan tetapi, dirinya belum mengetahui apakah info itu bersifat internal Saudi atau juga untuk negara lain.

"Dalam berita, kan, tidak ada penegasan syarat vaksin itu apakah untuk persiapan internal Saudi, ataukah juga merupakan pesan buat negara pengirim jemaah lainnya. Tidak ada keterangan tentang itu," ucapnya.

Yaqut menegaskan belum ada informasi resmi dari Arab Saudi mengenai penyelenggaraan haji 2021 atau 1442 Hijriah.

Baca Juga : Menag: 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Namun, Yaqut memastikan pihaknya terus melakukan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Penyiapan dokumen jemaah haji tetap dilakukan bertahap.

Lalu pembahasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) juga mulai dilakukan dengan Komisi VIII DPR.

Tim manajemen krisis yang dibentuk pada akhir Desember 2020, kata Yaqut, juga terus bekerja mempersiapkan beragam skenario. Demikian juga koordinasi dengan pihak Saudi terus dilakukan melalui Konsul Haji KJRI Jeddah.

Baca Juga : Pengumuman Hasil Seleksi PPIH Arab Saudi 1445 H Diundur

"Kepastian tunggu info resmi dari Saudi. Sampai hari ini, belum ada info resmi dari Saudi terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M," tutur Yaqut.

#Haji 2021 #kementerian agama