Senin, 08 Maret 2021 13:24

Peneriman Mahasiswa Baru, Poltekpar Makassar Gunakan Metode FGD

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
FGD ini mengundang perwakilan kepala sekolah/guru SMA/SMK dari beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.
FGD ini mengundang perwakilan kepala sekolah/guru SMA/SMK dari beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 1--7 Maret 2021 di 3 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Maros, Kota Parepare, dan Palopo. Pesertanya berjumlah 35 orang di tiap daerah.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar kembali melaksanakan publikasi penerimaan mahasiswa baru. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini menggunakan metode diskusi kelompok terpumpun (focus group discussion/FGD).

Mengangkat tema Reorientasi Pendidikan Vokasi di Era Kebiasaan Adaptasi Baru. Mengundang perwakilan kepala sekolah/guru SMA/SMK dari beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 1--7 Maret 2021 di 3 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Maros, Kota Parepare, dan Palopo. Pesertanya berjumlah 35 orang di tiap daerah.

Baca Juga : Perwakilan Sekolah dari 4 Daerah Ikut FGD Politeknik Pariwisata Makassar

Adapun tujuan dilaksanakan FGD ini diharapkan dapat lebih memperkenalkan kepada seluruh peserta mengenai pendidikan vokasi kepariwisataan yang ada di Poltekpar Makassar.

Kegiatan di ketiga kabupaten/kota ini dibuka langsung oleh Direktur Poltekpar Makassar, Muhammad Arifin. Dalam sambutannya, dia menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan amanat Undang–Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

 

Arifin juga pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin, dalam grand launching SBMPTNP tertanggal 1 Februari 2021 di Jakarta. Intinya, bahwa prioritas Kabinet Indonesia Maju dalam lima tahun ke depan adalah pengembangan SDM.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Jadi Tuan Rumah Rakor Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata

Maka dari itu, pendidikan vokasi menempati posisi strategis dan perguruan tinggi negeri pariwisata bertugas mempersipakan SDM pariwisata yang unggul untuk mendukung keberlangsungan industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Adapun pemateri untuk ketiga daerah, melibatkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Parepare, Amarun Agung Hamka; Kepala Bidang Pariwisata Kabupaten Maros, Yusriadi Arif; dan Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Kota Palopo, Muhammad Ridwan.

Selain materi dari Dinas Pariwisata, paparan mengenai pentingnya pendidikan vokasi sekaligus pengenal Poltekpat Makassar sebagai institusi pendidikan vokasi di bidang pariwisata yang menganut sistem 70 persen praktik dan 30 persen teori, dibawakan oleh Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Margaretha Wadid Rante. Margaretha juga merupakan Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2021-2022.

Baca Juga : Sadar Wisata di Masa Pandemi, Poltekpar Makassar Gelar Penyuluhan di Enrekang

Pemateri selanjutnya dari guru SMK Negeri 4 Makassar dan menjabat sebagi fasilitator pendidikan keluarga, Mustafa.

#Poltekpar Makassar #penerimaan mahasiswa baru