Minggu, 07 Maret 2021 14:20

Sudah Siap Terbang, Seorang Penumpang Wings Air Kedapatan Buka Jendela Darurat Pesawat

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi pesawat Wings Air
Ilustrasi pesawat Wings Air

Penumpang yang membuka jendela darurat pesawat Wings Air tersebut, sudah diamankan pihak pengamanan bandara.

RAKYATKU.COM, DELISERDANG - Salah satu penumpang Wings Air berinisial HS (29), tiba-tiba membuka jendela darurat pesawat. Padahal pesawat Wings Air ini sudah siap terbang.

Penumpang pria ini duduk di kursi 3A. Pesawat Wings Air akan terbang dari Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, tujuan Bandar Udara Binaka di Gunung Sitoli, Sumatera Utara, Minggu (7/3/2021).

Penerbangan pesawat dengan nomor IW-1248 sudah dipersiapkan dengan baik. Jadwal keberangkatan pada 08.45 WIB. Wings Air mengoperasikan ATR 72-500 registrasi PK-WFO, yang akan menerbangkan empat awak pesawat serta 44 penumpang dewasa serta 1 (satu) anak-anak.

Baca Juga : Wings Air Kembali Terbangi Makassar-Poso-Makassar, Segini Tarifnya

Ketika proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat, saat itulah penumpang tersebut ketahuan membuka jendela darurat pesawat.

Atas kondisi tersebut, seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan bandar udara. Langsung dilakukan pengecekan pada pesawat udara.

Sesuai standar operasional prosedur (SOP), awak pesawat menginformasikan kepada petugas layanan darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security/ avsec) agar segera dilakukan penanganan kepada HS.

Baca Juga : Sekali Sepekan, Wings Air Kembali Terbangi Rute Palu-Toli-Toli Pergi Pulang

"Wings Air telah menyerahkan HS kepada pihak terkait beserta Otoritas Bandar Udara (otband) guna pemeriksaan dan proses lebih lanjut," ujar Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya yang diterima Rakyatku.com.

Atas kondisi tersebut, mengakibatkan keterlambatan keberangkatan Wings Air penerbangan IW-1248 yaitu 55 menit.

Penerbangan IW-1248 telah diberangkatkan kembali pada 09.40 WIB dengan menggunakan pesawat Wings Air yang lain yakni ATR 72-600 registrasi PK-WHM. Pesawat mendarat di Gunung Sitoli pukul 10.45 WIB.

Baca Juga : Sekali Sepekan, Wings Air Kembali Terbangi Rute Palu-Toli-Toli Pergi Pulang

Wings Air menegaskan bahwa seluruh operasional pesawat mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan (safety first).

"Wings Air mewajibkan kepada seluruh penumpang untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan saat di darat serta sedang mengudara. Tindakan yang dilakukan oleh penumpang indisipliner atau unruly/ disruptive passenger akan mendapatkan sanksi tegas dan memiliki konsekuensi hukum," tambah Danang.

Wings Air berupaya dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Baca Juga : Sekali Sepekan, Wings Air Kembali Terbangi Rute Palu-Toli-Toli Pergi Pulang

"Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Wings Air lainnya tidak terganggu," pungkasnya.

#Wings Air