Jumat, 05 Maret 2021 17:03

KLB Demokrat Tetapkan Moeldoko Ketua Umum, Jabatan SBY Dihapus

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
KLB Demokrat Tetapkan Moeldoko Ketua Umum, Jabatan SBY Dihapus

Moeldoko terpilih sebagai ketua umum Partai Demokrat setelah menang voting atas Marzuki Alie.

RAKYATKU.COM - Anjing menggonggong kafilah berlalu. Itu yang terjadi pada Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD).

Penolakan sejumlah kader dari kubu AHY tak menghentikan langkah pengusung KLB. Seperti diwacanakan selama ini, Moeldoko akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum.

Selain itu, KLB Demokrat menetapkan politikus senior PD Marzuki Alie sebagai ketua Dewan Pembina PD.

Baca Juga : Belum Menyerah, Kubu Moeldoko AD/ART Partai Demokrat ke Pengadilan

Sidang KLB Demokrat dipimpin, Jhoni Allen. Kongres berlangsung di The Hill Hotel and Resort, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (5/3/2021).

Dalam KLB Demokrat ini juga ada sejumlah keputusan lain. Beberapa di antaranya melakukan perbaikan dan penyesuaian AD/ART Partai Demokrat hingga menghilangkan jabatan majelis tinggi.

AD/ART PD kembali pada AD/ART PD kongres Bali tahun 2005 dengan penyesuaian UU parpol. Tiga, perubahan atas penyesuaian di atas dilaksanakan sesuai kebutuhan partai antara lain adanya mahkamah partai, dewan kehormatan partai, dan dewan pakar.

Baca Juga : Kirim SMS ke Jokowi Sejak 31 Maret, Permintaan Silaturahmi AHY Belum Direspons Istana

KLB Demokrat juga menyatakan menganulir surat pemecatan terhadap kader-kader Demokrat.

KLB ini dibuka pada pukul 14.44 WIB. Selain Marzuki Alie, tampak hadir pendiri Partai Demokrat lainnya seperti Hencky Luntungan dan politikus senior PD Max Sopacua.

Sementara Moeldoko diangkat menjadi ketua umum setelah menang voting atas Marzuki Alie. Kepala Staf Kepresidenan itu akan menjabat ketua umum periode 2021-2025.

Baca Juga : Demokrat Minta Moeldoko dan Kawan-Kawan Minta Maaf kepada Rakyat dan Presiden

KLB Demokrat sempat diwarnai bentrokan di Jalan Lintas Medan-Sibolangit. Massa pendukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dipaksa menjauh dari lokasi KLB di The Hill, Green Hill Sibolangit.

Sebuah video penyerangan terhadap pendukung AHY berdurasi 04 menit 53 detik beredar. Terlihat sekelompok pemuda berseragam loreng mirip Pemuda Pancasila memaksa kader Partai Demokrat dan pengurus BMI membubarkan diri.

Sebelum bentrokan terjadi, kedua kubu berada dalam posisi terpisah. Massa pendukung KLB berada di depan pintu The Hill Sibolangit. Sedangkan massa penolak KLB berada di kawasan pom bensin yang berada tak jauh dari lokasi KLB.

Baca Juga : Menkumham Tolak Kepengurusan Moeldoko, Demokrat Sulsel Buka Pintu Tobat

Sebelumnya kader Partai Demokrat berangkat dari Kantor Partai Demokrat di Jalan Gatot Subroto Medan. Pelaksana tugas Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Herri Zulkarnain Hutajulu mengatakan, kader Demokrat akan menghadang peserta KLB Demokrat.

#KLB Partai Demokrat #bentrok KLB Demokrat