Senin, 15 Februari 2021 08:31

10 Hal Penting yang Mesti Diperhatikan saat Naik Pesawat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Salah satu yang penting itu adalah lakukan check in via online selama 24 jam ke depan agar terhindar dari segala kerumitan ketika check in ke konter.

RAKYATKU.COM - Saat melakukan perjalanan, Anda bisa memilih melakukannya via jalur darat, laut, maupun udara.

Bagi Anda yang memilih perjalanan jalur udara, jangan lupa untuk cek harga tiket Susi Air agar mendapatkan harga tiket yang sesuai bujet. Ikuti tips perjalanan dengan pesawat berikut ini!

1. Pesan Jauh Sebelum Hari H
Berangkat menggunakan pesawat mungkin tidak terlalu heboh dibandingkan jalur darat yang menggunakan kereta api. Meskipun begitu, Anda tetap saja harus melakukan pemesanan tiket pesawat jauh sebelum hari H.

Baca Juga : 

Pesan tiket terlebih dahulu karena ketika pemesanan dilakukan mendekati hari H maka harganya bisa saja meningkat lebih tinggi. Selain itu Anda juga akan sulit mendapatkan harga tiket yang tepat karena banyaknya saingan pemudik.

Biasanya sistem pemesanan tiket online akan error jika banyak sekali diakses pada satu waktu. Dengan begitu kesempatan Anda mendapatkan tiket juga menjadi lebih kecil. Jadi, pastikan Anda memilih waktu yang tepat sebelum melakukan mudik.

 

2. Pilih Penerbangan Malam Hari
Mengapa Anda disarankan untuk melakukan penerbangan malam hari? Penerbangan di malam hari tidak begitu ramai diminati, sehingga suasana di bandara pun akan lebih lengang. Bandara pada siang hari sangat ramai sehingga kekacauan terkadang tidak dapat dihindari.

 

Bagi Anda yang enggan terbang di malam hari, mungkin bisa mengambil waktu yang tepat di mana penumpang tidak terlalu berdesakan di bandara.

3. Tandai Bagasi
Saat melakukan perjalanan, pastinya Anda membawa barang yang diperlukan. Oleh karena itu untuk barang bawaan sebaiknya tandai tas Anda agar tidak tertukar dengan penumpang lainnya. Anda bisa memberikan akses yang unik pada tas agar mudah dikenali dari kejauhan.

Anda pasti pernah melihat penumpang yang membawa tas dengan warna cerah, bukan? tujuannya agar mereka mudah mengenali tas miliknya.

4. Pilih Tempat Duduk Dekat Sayap
Sama seperti naik bus, Anda harus memilih tempat duduk ketika mudik dengan pesawat. Posisi tempat duduk yang disarankan adalah di dekat sayap. Tujuannya agar penumpang yang mudah mabuk seperti Anda dapat menahan karena goncangan di udara tidak terlalu besar.

Jika Anda tidak tertarik duduk di bagian sayap, pilihlah tempat yang nyaman bagi Anda. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus memesan tiket pesawat jauh-jauh hari.

5. Check In Online 24 Jam ke Depan
Lakukan check in via online selama 24 jam kedepan agar terhindar dari segala kerumitan ketika check in ke konter. Selain itu Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk beralih tempat duduk yang lebih baik.

6. Gunakan Tas Ziplock
Tips mudik menggunakan pesawat selanjutnya adalah menggunakan tas ziplock. Fungsinya agar barang bawaan Anda mudah dipisah. Tas ziplock yang berukuran ekstra akan membuat barang kalian lebih aman dan dapat dipisah tanpa khawatir berceceran.

Jangan lupa untuk membawa barang seperlunya, tinggalkan barang yang tidak penting atau bukan prioritas. Perlu diingat bahwa setiap maskapai mengizinkan Anda untuk membawa tas punggung dan tas jinjing ke dalam kabin. Syaratnya asalkan berat tidak melebihi 7 kg.

7. Letakkan Barang Penting di Tas Tangan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Anda dapat membawa tas jinjing. Nah, pastikan Anda meletakkan berbagai barang penting dalam tas tersebut. Barang penting seperti kartu identitas, handphone dan lain-lain harus dibawa ke mana pun.

8. Bawa Tisu Basah
Tisu basah diperlukan untuk membersihkan tangan maupun wajah agar senantiasa bersih dan tidak berminyak akibat kelelahan. Anda bisa membawanya dari rumah atau dapat pula membelinya di bandara.

9. Bawa Botol Minuman
Kenapa Anda disarankan untuk membawa botol minuman? Jadi, Anda bisa mengisi ulang air minum di bandara. Alih-alih Anda membeli minuman yang baru, lebih baik isi ulang ke dalam botol minuman yang Anda bawakan dari rumah.

10. Bawa Syal
Syal dibutuhkan untuk menghangat tubuh Anda ketika berada di dalam pesawat. Selain syal, Anda juga bisa membawa selimut dan lainnya guna menghangatkan tubuh.

#pesawat #Perjalanan Udara #Tiket Pesawat