Sabtu, 05 Februari 2022 13:52

Detik-Detik Menegangkan Pesawat Hampir Terbalik Akibat Angin Kencang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Tangkapan layar video YouTube Big Jet TV.
Foto: Tangkapan layar video YouTube Big Jet TV.

Pesawat itu lalu mendarat dengan satu roda, memantul ke atas, dan ke bawah lagi hingga miring terguling ke arah kiri. Kemudian tampak ekor pesawat begitu dekat dengan landasan dan pilot membatalkan pendaratan.

RAKYATKU.COM - Sebuah video merekam detik-detik menegangkan pesawat yang hampir terbalik akibat angin kencang di Bandara Heathrow London, Inggris.

Kejadian ini dialami penerbangan 1307 dari British Airways. Mereka melakukan perjalanan dari Aberdeen ke London pada Senin (31/1/2022) lalu.

Namun, penerbangan 80 menit itu mengalami perjalanan yang cukup membuat senam jantung pada akhirnya. Saat hendak mendarat di Bandara Heathrow, pesawat berjenis Airbus A321neo itu tampak diterpa angin.

Baca Juga : Angin Kencang dan Kebakaran, Instruksi Bupati Wajo Minta OPD Terkait Harus Gerak Cepat Lakukan Penanganan

pesawat itu lalu mendarat dengan satu roda, memantul ke atas, dan ke bawah lagi hingga miring terguling ke arah kiri. Kemudian tampak ekor pesawat begitu dekat dengan landasan dan pilot membatalkan pendaratan.

Kapten memilih melakukan go-around, lepas landas lagi untuk mendarat dengan aman.

Jerry Dyer yang memfilmkan pendaratan dramatis ini, mengatakan kepada CNN bahwa dokumentasi itu hanya menunjukkan betapa terampilnya pilot.

Baca Juga : Relawan Yayasan Peduli dan Berbagi Pangkep Terobos Banjir dan Hujan

Dia merekam pesawat mendarat dan lepas landas untuk saluran YouTube-nya Big Jet TV. Dyer tiba beberapa menit lebih awal.

Meskipun Inggris telah dihantam oleh angin Storm Corrie dengan kecepatan 90 mph dan telah merenggut nyawa dua orang juga pemadaman listrik, Dyer mengatakan angin di Heathrow sebenarnya tidak terlalu buruk.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Siapkan Bantuan Logistik untuk Masyarakat Terdampak Bencana Angin Kencang di Sidrap

Perkiraan saat kejadian hanya sekitar 20 mph. Namun, itu adalah embusan angin yang mengalir di antara dua bangunan dan menghantam landasan yang hampir membalikkan pesawat.

Pelacak penerbangan menunjukkan pesawat mencapai permukaan tanah dengan kecepatan 140 mph. Pesawat ini lalu naik tajam ke ketinggian 1.173 meter dalam empat menit.

Pesawat itu lalu mendarat untuk kedua kalinya 16 menit kemudian. Belum dikonfirmasi apakah ekornya benar-benar menyentuh tanah atau hanya tampak mengikis saja.

Baca Juga : Banjir di Sejumlah Titik, Jeneponto Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

"Pilot kami sangat terlatih untuk mengelola berbagai skenario, termasuk kondisi cuaca ekstrem, dan awak pesawat kami mendaratkan pesawat dengan selamat. Pelanggan dan awak kami semua turun seperti biasa," terang juru bicara British Airways. (*)

 

#angin kencang #pesawat