Rabu, 27 Januari 2021 20:22

Jurnal Ilmiah Poltekpar Makassar Peroleh Akreditasi SINTA

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Drs Muhammad Arifin, MPd
Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Drs Muhammad Arifin, MPd

Capaian yang sangat baik bagi jurnal yang pertama kali ikut akreditasi dan langsung masuk S3

RAKYATKU.COM -- Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang PS Brodjonegoro menerbitkan surat keputusan nomor 200/M/KPT/2020 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode III Tahun 2020.

Dalam surat tersebut diumumkan bahwa "Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event" dengan e-ISSN 2656-1301 dan beralamat di https://ejournal-poltekparmks.ac.id/index.php/pusaka berhasil meraih akreditasi (Science and Technology Index) SINTA peringkat 3.

Direktur Politeknik Pariwisata Makassar, Drs Muhammad Arifin, MPd sebagai pimpinan yang menaungi "Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event" sangat bersyukur atas capaian ini.

Baca Juga : Poltekpar Makassar dan ICA Sulsel Turun ke Jalan Bagi Kue dan Tajil

"Alhamdulillah, patut kita syukuri. Ini sudah sesuai track rencana pengembangan Pusaka Jurnal sebagai media publikasi karya ilmiah dan menjadi media dalam mempopulerkan parwisata Indonesia," ujar Muhammad Arifin, Rabu (27/1/2020).

Berbicara terkait pengembangan berikutnya, Muhammad Arsyad, PhD selaku asesor akreditasi jurnal ilmiah nasional Kemristek/BRIN, menyambut baik hasil akreditasi jurnal nasional di Batch-3, 2020 ini.

"Kita bersyukur Pak Menteri sudah menetapkan SK akreditasi jurnal batch 3 tahun 2020. Kebutuhan jurnal terakreditasi nasional di Indonesia masih sangat tinggi dan selamat untuk jurnal Pusaka atas berhasilnya tembus akreditasi nasional SINTA-3 (S3). Ini capaian yang sangat baik bagi jurnal yang pertama kali ikut akreditasi dan langsung masuk S3," ujar Arsyad.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Sosialisasikan Kode Etik dan Kode Perilaku ASN BerAkhlak

Dia menjelaskan, ada beberapa manfaat utama Pusaka terakreditasi.

"Pertama, secara pedoman POPAK 2019, ini angka kredit KUM-nya 20 bagi artikel yang dipublikasi. Hanya beda 5 poin saja dengan SINTA-1. Kedua, ini akan menjadi media diseminasi hasil riset para dosen/peneliti terutama yang dikejar target luaran publikasi. Ketiga, itu akan memancing author untuk submit paper berkualitas ke jurnal dan tentu saja akan menjaga kontinuitas bahan baku artikel jurnal," urai Arsyad.

Kepala Unit P3M, Drs Darmayasa, MPd mengucapkan selamat kepada para pengelola "Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event" atas pencapaian dan keberhasilannya dalam mengelola salah satu media publikasi ilmiah ini.

Baca Juga : Poltekpar Makassar Gelar Widyawisata di Tiga Hotel di Makassar

Muhammad Arfin Muhammad Salim, PhD sebagai editor in chief Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini.

"Terima kasih kepada seluruh tim dan semua pihak yang terlibat dalam pencapaian ini. Harapan kami ke depannya jurnal Pusaka dapat meningkatkan kualitas indeksnya dan jurnal Pusaka harus tetap mendapat fully supports dari pimpinan institusi," ujar Muhammad Arfin.

Peringkat 3 berarti nilai akreditasi berada pada 60 ≤ n < 70. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event yang terakreditasi SINTA 3 yang merupakan jurnal ilmiah, artikel mengenai pariwisata baik nasional maupun internasional yang diterbitkan dipilih dari artikel yang di-submit langsung ke halaman jurnal.

Baca Juga : Pokltekpar Makassar Gelar Workshop Kurikulum Bahan Ajar Berbasis MRA-TP

Pusaka dikelola Unit Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Politeknik Pariwisata Makassar (PPPM).

 

#Poltekpar Makassar