Senin, 25 Januari 2021 20:40

Pekerjaan Bergantung Koneksi Internet? Ini Tips Menggunakan Paket Data agar Produktivitas Tak Menurun

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan agar pekerjaan tetap berjalan lancar dan tidak menurunkan produktivitas meski hanya menggunakan paket data.

RAKYATKU.COM - Di zaman sekarang ini, semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan teknologi internet. Bahkan, mayoritas masyarakat saat ini telah menjadi pengguna setia teknologi tersebut setiap harinya tanpa henti. Hal ini dikarenakan internet mampu menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan masyarakat setiap hari.

Sebagai contoh, tak sedikit orang saat ini yang menjadikan internet sebagai media untuk bekerja. Saat tidak memiliki koneksi internet, bukan mustahil seseorang akan kehilangan satu-satunya pintu rezeki untuk memenuhi segala kebutuhan hariannya. Oleh karena itu, tak mengherankan jika dewasa ini, tak sedikit orang yang benar-benar bergantung pada teknologi internet tersebut.

Sebenarnya, kebutuhan akan internet dapat dipenuhi dengan berlangganan internet Wi-Fi atau dengan membeli paket data atau pulsa online. Memiliki mobilitas tinggi dan dapat praktis digunakan di mana saja, paket data seringkali dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan internet. Sayangnya, dengan kuota internet yang terbatas, membeli paket data tak jarang membuat isi dompet terkuras dan membengkakkan pengeluaran.

Baca Juga : Rekor Internet Tercepat, Unduh Gim Terberat di Dunia Ukuran 2 Juta GB dalam 12 Detik

Padahal, jika sudah menyangkut pekerjaan, paket data menjadi kebutuhan yang tidak dapat dinomorduakan. Jika tidak dipenuhi, sudah pasti produktivitas akan menurun drastis dan bisa-bisa mengancam keamanan posisi pekerjaan Anda.

Namun, tak perlu khawatir, ada beragam cara yang bisa Anda lakukan agar pekerjaan tetap berjalan lancar dan tidak menurunkan produktivitas meski hanya menggunakan paket data. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

1. Pilih Provider dan Paket yang Sesuai
Dalam menggunakan paket data untuk bekerja, kecepatan dan stabilitas koneksi internet merupakan hal yang wajib menjadi pertimbangan utama. Sebab, saat jaringan internet tidak stabil atau lemot, sudah pasti aktivitas bekerja Anda akan ikut terganggu. Oleh karenanya, agar bisa mendapatkan layanan paket data yang optimal, Anda harus cermat memilih provider seluler yang tepat.

Baca Juga : Rekor Internet Tercepat, Unduh Gim Terberat di Dunia Ukuran 2 Juta GB dalam 12 Detik

Di Indonesia sendiri, operator seluler amat banyak jumlahnya dengan berbagai kelebihan dan daya tarik layanannya masing-masing. Agar bisa mengetahui provider mana yang terbaik untuk dipilih, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kualitas layanannya di lokasi Anda bekerja serta tawaran paket data yang sesuai dengan kebutuhan.

Sponsored by MGID

Misalnya jika daerah Anda memiliki koneksi yang bagus untuk Indosat, maka cobalah beli paket internet Indosat. Begitu juga dengan provider lainnya.

2. Gunakan Gadget Sesuai Kebutuhan
Selain mempertimbangkan provider seluler dan paket internet yang ditawarkan, Anda juga perlu mengetahui jenis gadget apa yang digunakan untuk bekerja. Jika mayoritas hanya melalui smartphone, mungkin paket data dengan jumlah kuota terbatas sudah dapat mencukupi kebutuhan Anda.

Baca Juga : Rekor Internet Tercepat, Unduh Gim Terberat di Dunia Ukuran 2 Juta GB dalam 12 Detik

Sebaliknya, jika digunakan di banyak perangkat sekaligus, apalagi laptop, tentu Anda harus membeli paket data yang memiliki jumlah kuota internet lebih banyak, bahkan unlimited. Pasalnya, konsumsi kuota internet oleh laptop dan smartphone sangat jauh berbeda.

Laptop lebih banyak menyedot kuota internet karena halaman situs yang dikunjungi tidak teroptimasi selayaknya di smartphone. Jadi, jika memang tidak terlalu membutuhkan laptop untuk bekerja, maka usahakan untuk menggunakan smartphone saja agar paket data bisa lebih awet.

3. Selalu Cek Kuota Internet yang Tersisa
Aktivitas bekerja sudah pasti akan terhenti saat kuota internet tiba-tiba habis. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi, pastikan untuk selalu memeriksa jumlah kuota internet yang tersisa secara rutin.

Baca Juga : Rekor Internet Tercepat, Unduh Gim Terberat di Dunia Ukuran 2 Juta GB dalam 12 Detik

Apabila perlu, Anda dapat memasang notifikasi saat data internet sudah terpakai dalam jumlah tertentu atau mengatur batasan maksimal kuota internet yang bisa dipakai setiap harinya. Dengan begitu, jika ternyata jumlah kuota internet sudah mulai menipis, Anda bisa langsung membeli paket data baru sehingga tidak sampai membuat aktivitas pekerjaan terhenti.

4. Prioritaskan Koneksi Internet Wi-Fi
Memiliki koneksi internet dari paket data bukan berarti Anda harus selalu terhubung menggunakan jaringan tersebut. Sebisa mungkin gunakan koneksi internet Wi-Fi jika memang tersedia layanan internet di tempat Anda. Cara ini terbukti ampuh untuk dilakukan agar paket data dan kuota internet tetap awet dan berumur panjang.

Selain itu, jika memang tanggung jawab pekerjaan Anda tidak membutuhkan mobilitas yang tinggi, semisal harus sering berpindah tempat, jangan ragu untuk memasang fasilitas Wi-Fi. Dengan begitu, paket data akan menjadi jauh lebih awet karena hanya digunakan saat Anda tidak bisa terhubung ke jaringan internet dari Wi-Fi.

Baca Juga : Rekor Internet Tercepat, Unduh Gim Terberat di Dunia Ukuran 2 Juta GB dalam 12 Detik

5. Jangan Mudah Kehilangan Fokus saat Bekerja
Terakhir, tips bekerja menggunakan koneksi internet dari paket data adalah dengan menjaga fokus agar tetap tinggi. Sebagai media yang menghubungkan Anda ke dunia maya, internet berisiko membuyarkan fokus saat bekerja. Alih-alih menyelesaikan tanggung jawab, Anda malah keasyikan scrolling media sosial atau streaming video hingga lupa waktu.

Jika hal ini terjadi, beban pekerjaan tidak terselesaikan, tapi malah banyak waktu dan kuota internet yang terbuang. Untuk itu, agar aktivitas bekerja dapat berjalan dengan lancar, usahakan untuk tetap fokus dan tidak tergoda dengan beragam distraksi serta rayuan dari internet.

Ibarat Pisau Bermata Dua, Internet Dapat Menjadi Penunjang atau Pengganggu Pekerjaan
Tak dapat dipungkiri jika internet dapat memfasilitasi pengguna agar lebih mudah menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan. Akan tetapi di sisi lain, internet juga dapat menjadi distraksi yang mampu membuat Anda merasa ogah untuk menyentuh beban pekerjaan yang mungkin sudah menumpuk. Oleh karena itu, agar bekerja menggunakan internet bisa berlangsung dengan lebih lancar, pastikan untuk mengikuti tips di atas.

Baca Juga : Rekor Internet Tercepat, Unduh Gim Terberat di Dunia Ukuran 2 Juta GB dalam 12 Detik


https://www.cermati.com/paket-data/indosat

https://www.cermati.com/internet

Sponsored by advertnative
 
#Paket Data #Internet