Selasa, 19 Januari 2021 16:04

5 Tips Efektif Menghadapi Kuliah Daring saat Pandemi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Meski ada begitu banyak pro dan kontra mengenai pembelajaran daring alias online, keputusan ini tentu demi keselamatan semua pihak.

RAKYATKU.COM - Tak hanya sekolah, jenjang universitas pun turut dialihkan menjadi pembelajaran di rumah. Kondisi ini tentu menjadi hal baru, baik untuk mahasiswa lama maupun baru.

Meski ada begitu banyak pro dan kontra mengenai pembelajaran daring alias online, keputusan ini tentu demi keselamatan semua pihak.

Daripada berlama-lama mengeluh dengan sistem yang baru, sebaiknya carilah celah agar mampu segera beradaptasi dengan kondisi ini. Agar bisa mengikuti setiap kelas dengan efektif, cobalah ikuti tips menghadapi kuliah online berikut ini.

Baca Juga : Main Pistol saat Kelas Daring, Bocah 12 Tahun Disambangi Polisi

1. Lakukan rutinitas pagi untuk membangun semangat
Kamu mungkin sudah memiliki jadwal kelas setiap harinya. Mulai dari kelas pagi, siang, hingga malam mungkin akan berbeda setiap harinya.
Meski begitu, cobalah untuk tetap melakukan rutinitas pagi seperti berolahraga, sarapan, dan mandi.

Dengan adanya rutinitas tersebut, kamu akan lebih siap dan semangat menghadapi kuliah. Selain itu, kamu pun akan memiliki waktu lebih banyak untuk dapat menyelesaikan tugas maupun berdiskusi dengan mahasiswa lain saat menunggu jadwal kelas online dimulai.

2. Pastikan jaringan dan teknologi berfungsi dengan baik
Karena pembelajaran dilakukan secara online, mau tidak mau kamu akan terus berhadapan dan bergantung pada teknologi maupun jaringan internet. Untuk itu, pastikan agar kondisi jaringan bekerja dengan baik sehingga kamu tak akan ketinggalan sesi belajar.

Baca Juga : Ikatan Dokter Anak Indonesia: Belajar Online Maksimal 1,5-2 Jam per Hari

Tak lupa, peralatan teknologi seperti laptop, headset, maupun printer pun perlu kamu pastikan sebelum kelas dimulai. Jangan sampai kamu menyadari adanya masalah pada salah satu perangkat di saat kelas berlangsung, sehingga dapat merugikan kamu.

3. Buat rutin jadwal harian
Agar tak kewalahan menghadapi kuliah di rumah, cobalah untuk membuat jadwal harian. Kamu bisa lebih dulu menyusun jadwal kelas, kemudian lanjutkan dengan memasukan kegiatan lain seperti mengerjakan tugas, belajar mandiri, hingga waktu istirahat.

Dengan adanya jadwal, kamu bisa lebih terarah dan tidak sembarang menggunakan waktu. Ya, di masa kuliah kamu akan semakin dituntut untuk mandiri dan bertanggung jawab atas kegiatan masing-masing. Jadi, pengaturan jadwal ini diharapkan bisa membantu kamu.

Baca Juga : Ikatan Dokter Anak Indonesia: Belajar Online Maksimal 1,5-2 Jam per Hari

4. Siapkan asupan dan camilan
Ketika di kelas biasa, kamu mungkin kerap merasakan kantuk saat proses belajar. Hal ini tentu turut menjadi tantangan selama belajar di rumah. Selain tak ada yang memantau, kondisi rumah pun tentu bisa menjadi pemicu kamu kurang fokus dan ngantuk.

Untuk menyiasatinya, tak ada salahnya menyiapkan asupan dan camilan yang dapat membuat kamu tetap fokus selama proses belajar. Namun, pastikan untuk tetap memperhatikan pengajar ya.

5. Rancang dan patuhi deadline yang dibuat
Selaim rutin mengikuti kelas online, kamu pun memiliki tanggung jawab lain salah satunya tugas kuliah. Agar tetap terpenuhi dengan baik, kamu bisa lebih dahulu membuat deadline mandiri. Dengan memiliki deadline, kamu bisa lebih terpacu untuk mematuhinya.

Baca Juga : Ikatan Dokter Anak Indonesia: Belajar Online Maksimal 1,5-2 Jam per Hari

Itulah kelima tips menghadapi kuliah online selama pandemi. Agar proses belajar lebih efektif, kamu pun perlu memastikan universitas memberikan program terbaiknya dalam pembelajaran virtual. Salah satu institusi yang menerapkan pembelajaran online terbaik adalah Sampoerna University.

Hal tersebut bisa terlihat melalui keseriusannya dalam memperkenalkan kampusnya dengan teknologi virtual tour. Melalui kegiatan tersebut, kamu bisa melihat kondisi sarana dan fasilitas Universitas Sampoerna tanpa harus mengunjunginya langsung di saat pandemi.

Selain itu, tenaga pengajar universitas internasional ini juga rutin dibekali pelatihan khususnya dibidang teknologi. Dengan begitu, pengajar dapat memberikan materi pembelajaran secara interaktif dan efektif meski jarak jauh. Cukup mengesankan, bukan?

Baca Juga : Ikatan Dokter Anak Indonesia: Belajar Online Maksimal 1,5-2 Jam per Hari

Kalau begitu, tetap semangat mengikuti perkuliahan online, ya!

#Kuliah Daring #Belajar Online