Senin, 04 Januari 2021 23:57

Alami Sakit Luar Biasa, Ternyata Ada Sikat Gigi Sepanjang 12 Cm di Perut Pria Ini

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

Dokter memberikan obat penghilang rasa sakit. Namun upaya tersebut tidak berhasil karena obatnya dirasa tidak bekerja dengan baik.

RAKYATKU.COM - Pria bernama Avid tak sengaja menelan sikat gigi sepanjang 12 cm, ketika membersihkan lidah dan tenggorokannya. Mengherankannya lagi, ia tidak melakukan perawatan, atau usaha apa pun untuk mengeluarkan sikat gigi tersebut dari dalam perutnya.

Kejadian ini terjadi pada 8 Desember 2018 lalu. Keesokan harinya, ia terbangun dengan rasa sakit yang luar biasa di perutnya. Akhirnya ia pergi ke rumah sakit yang dekat rumahnya.

Dokter memberikan obat penghilang rasa sakit. Namun upaya tersebut tidak berhasil karena obatnya dirasa tidak bekerja dengan baik.

Baca Juga : 

"X-ray dan CT scan dilakukan tetapi penyebab rasa sakit tidak dapat dipastikan," jelas dr. Praveen Aggarwal, dokter yang menangani Avid.

Ketika dokter melakukan CT scan di perut, terdapat benda asing yang bersarang di perut pria tersebut. Saat itulah Avid akhirnya mengaku kalau ia tak sengaja menelan sikat gigi.

Karena kurangnya fasilitas dan alat yang memadai di rumah sakit pertama, Avid dirujuk ke AIIMS untuk melakukan endoskopi pengangkatan sikat yang bersarang di tubuhnya.

 

CT scan lain dilakukan untuk memeriksa apakah sikat tersebut menyebabkan kerusakan pada organ dalam Avid atau menyebabkan perforasi.

Operasi pun harus segera dilakukan. Pada 10 Desember, sikat gigi tersebut diangkat dari perut pria India itu melalui operasi endoskopi.

Untungnya, sikat gigi ini tidak menyebabkan luka atau kerusakan pada organ dalam Avid.

Kejadian ini menjadi pengingat bagi semua orang untuk berhati-hati saat menggunakan alat untuk membersihkan gigi dan mulut.

Dokter juga menyarankan agar menggunakan alat yang sesuai untuk membersihkan bagian-bagian tertentu.

Misalnya menggunakan pembersih lidah khusus untuk membersihkan lidah. Ini semua dilakukan untuk menghindari hal buruk yang dapat saja terjadi, seperti yang menimpa Avid.

“Seringkali saat membersihkan lidah, orang cenderung memasukkan sikat gigi jauh ke tenggorokan, untuk membersihkannya dengan lebih baik. Pilihan yang lebih baik adalah melakukannya dengan pembersih lidah,” ujar dr. Praveen dilansir dari keepo.me.

#Sikat gigi #aneh