Minggu, 27 Desember 2020 15:03

Panjangnya 2,5 Cm, Dokter Berhasil Keluarkan Kotoran Telinga Terbesar yang Pernah Ada

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: meteo.co.uk
Foto: meteo.co.uk

Mengingat bahwa panjang saluran telinga manusia rata-rata hanya 3 cm saja, pasien tersebut pastinya sangat beruntung karena itu tidak mencapai gendang telinganya.

RAKYATKU.COM - Menjaga kebersihan diri wajib dilakukan. Tapi bagaimana jadinya jika hal itu tidak dilakukan.

Seperti yang dialami seorang pasien yang hampir saja mengalami kerusakan pada gendang telinganya, akibat banyak kotoran yang menyumbat saluran telinganya itu. Bahkan menurut dokter yang menangani kasus tersebut, kotoran telinga yang diangkat merupakan yang terbesar yang pernah ada.

Sebuah video yang merekam proses pengangkatan kotoran telinga tersebut dipastikan menjadi salah satu video yang sangat menjijikan. Seorang konslutan dan ahli kesehatan telinga, Neel Raithatha baru saja mengangkat gumpalan cokelat keluar dari saluran telinga pasiennya.

Baca Juga : Percaya Tidak Percaya, Orang Ini Telan Ponsel Nokia 3310

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, ukurnnya pun cukup menakjubkan, yakni sampai 2,5 cm. Ukuran tersebut disebut sebagai kotoran telinga terbesar yang pernah ada, karena ukuran saluran telinga rata-rata pada manusia hanya sepanjang 3 cm saja.

Tentunya ukuran kotoran telinga seperti itu akan sangat membahayakan bagi kesehatan pendengaran jika tidak segera diangkat. Neel, dari The Hear Clinic & Clearwax di Leicestershire, mengakui jika dia sangat terkejut ketika mendapati kotoran telinga yang dia angkat bisa sepanjang itu.

Dia menggunakan penghisapan cangkir endoskopik untuk mengangkat kotoran telinga yang menghalangi saluran telinga pasien, sehingga dia dapat mengeluarkannya dalam satu bagian utuh. Menanggapi kasus yang langka ini, dia mengakui keterkejutannya pada pasien yang dia tangani.

Baca Juga : Aneh, Ini Video Tanah Tiba-Tiba Muncul dari Perairan lalu Merekah

"Baik klien dan saya sangat terkejut," kata Neel, seperti dikutip dari Daily Metro.

"Reaksi saya setelah pengangkatan adalah 'wow', dan reaksi klien ketika dia melihat potongan kotoran telinga itu sendiri adalah dengan mengatakan 'oh ya ampun,'" tambahnya.

Mengingat bahwa panjang saluran telinga manusia rata-rata hanya 3 cm saja, pasien tersebut pastinya sangat beruntung karena itu tidak mencapai gendang telinganya. Alhasil dia bisa terhindar dari kerusakan fungsi pendengarannya.

Baca Juga : Perut Wanita Ini Dibelah, Dokter Kaget Temukan 69 Rantai, 80 Anting, dan 11 Cincin

"Untungnya, gendang telinga itu utuh dan sehat. Indah sekali," pungkas Nell.

#telinga #aneh