Selasa, 22 Desember 2020 14:02

Jelang Rabu Pon, Presiden Jokowi Bertemu Empat Mata dengan Wapres Ma'ruf Amin

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jelang Rabu Pon, Presiden Jokowi Bertemu Empat Mata dengan Wapres Ma'ruf Amin

Reshuffle kabinet dipastikan terjadi. Sebab, ada dua kursi menteri yang saat ini lowong setelah dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo menunjukkan mimik serius, Senin siang (21/12/2020). Dia melakukan pertemuan empat mata dengan Wakil Presiden, Prof KH Ma'ruf Amin.

Pertemuan itu dibenarkan juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi. Menurut Masduki, dalam pertemuan itu Jokowi dan Ma'ruf membahas isu-isu strategis yang tengah berkembang.

"Biasanya memang terkait dengan hal-hal yang isu-isu strategis. Kalau urusannya apa, saat ini saya tidak diberi tahu oleh Wapres. Cuma memang betul bicara empat mata (membahas) isu-isu strategis," kata Masduki.

Baca Juga : Presiden Jokowi Resmi Lantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto

Saat ditanya tentang kemungkinan dibahasnya ihwal reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju dalam pertemuan Jokowi-Ma'ruf, Masduki tak bisa memastikan. Namun, hal itu bisa saja menjadi pembahasan.

Reshuffle kabinet dipastikan terjadi. Sebab, ada dua kursi menteri yang saat ini lowong setelah dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo dan Menteri Sosial, Juliari Batubara dicokok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam dua kasus berbeda.

Baca Juga : Zulkifli Hasan Jadi Menteri Perdagangan, Hadi Tjahjanto Menteri ATR?

Selain dua kursi tersebut, muncul prediksi bahwa Presiden Joko Widodo akan membongkar pasang beberapa kursi menteri lainnya. Spekulasi muncul bahwa reshuffle akan dilakukan pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

Sponsored by MGID

Hari tersebut bertepatan dengan weton atau hari lahir Presiden Jokowi berdasarkan penanggalan masyarakat Jawa. Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, weton merupakan hari istimewa yang bisa menjadi dasar untuk menentukan hari baik atau hari keberuntungan seseorang.

Selama enam tahun pemerintahannya, Jokowi beberapa kali merombak kabinet bertepatan dengan hari Rabu Pon. Kabinet Kerja periode 2014-2019 terjadi pada Rabu Pon, tepatnya reshuffle pertama 12 Agustus 2015. Lalu, reshuffle kedua pada 27 Juli 2016.

Baca Juga : Isu Reshuffle Kabinet 15 Juni, Ini Respons Istana

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza mengatakan, kemungkinan akan ada enam posisi menteri di Kabinet Indonesia Maju yang dirombak oleh Presiden Jokowi.

"Saya dengar ada enam posisi. Akan masuk orang-orang muda yang menambah dinamisnya kabinet," kata Faisol kepada wartawan, Senin (21/12/2020).

Terkait posisi yang berpotensi diganti Jokowi, kata Faisol, adalah dua posisi menteri yang tengah kosong yakni Menteri Kelautan dan Perikanan serta Menteri Sosial.

Baca Juga : Video Presiden Jokowi Melantik Kabinet Hasil Reshuffle

 

#reshuffle kabinet