Kamis, 10 Desember 2020 14:53

Sudah Sempat Crossing, RTK Ungkap Penyebab Appi-Rahman Kalah Atas Danny-Fatma Versi Quick Count

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Muhammad Taufik
Muhammad Taufik

Dia menjelaskan, dalam survei yang dilakukan pertengahan November 2020, Appi sudah mencapai crossing dengan elektabilitas Danny.

RAKYATKU.COM - Ada yang menarik dari quick count Pilkada Makassar. Undecided voters ternyata terdistribusi ke pasangan Syamsu Rizal-dr Fadli Ananda (Dilan).

Itu tergambar dalam quick count atau hitung cepat yang digelar Roda Tiga Konsultan (RTK).

"Dalam quick count yang kami lakukan, DP memperoleh suara 41,61 persen; Appi 33,41 persen, Deng Ical 18,54 persen; dan None 4,60 persen," kata Muhammad Taufik, direktur riset Roda Tiga Konsultan, Kamis (10/12/2020).

Baca Juga : 

Dalam quick count ini, RTK menggunakan 300 TPS sebagai sampel dengan margin of error 1,13 persen.

Dia menjelaskan, dalam survei yang dilakukan pertengahan November 2020, Appi sudah mencapai crossing dengan elektabilitas Danny.

 

Kondisi itu, kata Taufik, membuat Danny semakin masif bergerak pada pekan-pekan terakhir menjelang pencoblosan. Hasilnya, dia mampu rebound kembali pada hari-hari menjelang pencoblosan.

"Selain itu, basis pemilih Appi dan Deng Ical memiliki kemiripan. Hal ini yang menguntungkan pihak Danny Pomanto," tambah Taufik.

Hasil quick count juga menunjukkan undecided voters ternyata diambil Deng Ical. Terlihat dari perolehan suara Deng Ical pada hasil quick count yang mencapai 18,54 persen.

"Besar indikasinya dalam survei kami, undecided voters merupakan secret admirer Deng Ical," tutupnya.

 

#Roda Tiga Konsultan #Pilkada Makassar