Rabu, 09 Desember 2020 22:20

Cetak Rekor Baru, Adnan-Kio: Terima Kasih Warga Gowa

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Cetak Rekor Baru, Adnan-Kio: Terima Kasih Warga Gowa

Hasil hitung cepat dua lembaga survei nasional, pasangan incumbent ini pasangan mendulang suara di atas 90 persen.

GOWA - Ucapan terima kasih dihaturkan pasangan Adnan Purichta Ichsan dan Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio pasca memenangi Pilkada Gowa 2020, sekaligus mencetak rekor suara terbanyak.

Hasil hitung cepat dua lembaga survei nasional, pasangan incumbent ini pasangan mendulang suara di atas 90 persen.

Versi hitung cepat Jaringan Suara Indonesia (JSI), perolehan suara Adnan-Kio sebesar 91,24 persen. Sementara pemilih kolom kosong sebesar 8,77 persen. Data masuk sebanyak 98 persen.

Baca Juga : 

Hasil hitung cepat PT LSI, pasangan berjargon Doboloki itu mengantongi perolehan sebanyak 90,28 persen. Sedangkan kolom kosong sebanyak 9,09 persen. Jumlah data masuk 96,23 persen.

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat (Gowa). Bagi incumbent, pilkada itu berlaku reward atau punishment," tutur Adnan mengawali statement, didampingi Karaeng Kio, Rabu (9/12/2020).

Reward diberikan pemilih atau warga, jika kinerja incumbent dianggap memuaskan. Jika tidak, maka sebaliknya. Incumbent itu akan diberi punishment. "Sehingga ada juga beberapa pilkada yang incumbent kalah karena diberikan punishment oleh masyarakat," paparnya.

 

Adnan pun tak menyangka, jika perolehan suaranya sesignifikan seperti ini. Makanya, ia menganggap, kepercayaan masyarakat merupakan beban baginya ke depan dalam mengurus pemerintahan dan rakyat. Karena tingginya ekspektasi warga Gowa kepadanya, bersama Karaeng Kio.

"Insya Allah kami harus membayar ekspektasi masyarakat itu dengan tentunya kinerja yang jauh lebih baik dibanding periode yang lalu," tegas Adnan.

Dari 12 Pilkada serentak di Sulsel, perolehan suara Adnan-Kio paling besar. Di pilkada calon tunggal Kabupaten Soppeng, perolehan pasangan Andi Kaswadi Razak-Lutfi Halide berada di angka 86 persen versi hitung cepat.

Raihan perolehan suara pasangan Adnan-Kio ini juga menjadi rekor baru di Provinsi Sulsel sejak era pilkada langsung.

Adnan-Kio melampui perolehan suara Nurdin Abdullah saat memenangi Pilkada Bantaeng di periode keduanya pada 2013 lalu. Kala itu, Nurdin yang berduet dengan M Yasin meraih perolehan suara 82,58 persen.

Selain mencetak rekor suara, Pilkada Gowa 2020 juga mencatat, jumlah tingkat partisipasi pemilih sebesar 77,45 persen, seperti dirilis LSI. Angka ini mencapai target KPU Gowa yang sebanyak 77,5 persen.

#Pilkada Gowa 2020