Minggu, 06 Desember 2020 08:01

Diduga Kampanye Uang, Seorang Warga di Bulukumba Nyaris Diamuk Massa

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Diduga Kampanye Uang, Seorang Warga di Bulukumba Nyaris Diamuk Massa

Panitia Pengawasan Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bulukumpa, bersama jajaran Polsek Bulukumpa melakukan Opersi Tangkap Tangan (OTT) politik uang yang terjadi di dusun Wae Cenning, Desa Balampesoang, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Sabtu (5/11/2020).

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Bulukumpa, bersama jajaran Polsek Bulukumpa melakukan Opersi Tangkap Tangan (OTT) politik uang yang terjadi di dusun Wae Cenning, Desa Balampesoang, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, Sabtu (5/11/2020).

OTT ini terjadi sekitar pukul 21.00 Wita di salah satu rumah warga di Desa Balampesoang, pria paruh baya diduga dari Tim Paslon nomor 4 (empat) Harapan Baru, hendak menyogok pemilik rumah dengan sejumlah uang yang tersimpan pada beberapa lembar amplop.

Video OTT oleh Polsek Bulukumpa, dan Panwas juga telah beredar di sosial media. Pada video itu terlihat sejumlah Panwas melakukan penyitaan uang pecahan Rp100 Ribu dn Rp50 Ribu.

Baca Juga : 196 Dugaan Politik Uang yang Ditangani Bawaslu RI

Salah satu petugas Panwas yang dihubungi mengakui adanya OTT politik uang yang diduga dilakukan oleh tim dari pasangan calon Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf.

" Iya benar (Ada OTT). Saat ini kami (Panwas) sedang di kantor Polsek Bulukumpa. Tim yang tertangkap adalah dari paslon nomor 4," Ujar Miswar, salah satu panwas desa Balampesoang yang lakukan OTT.

Di lokasi kejadian, juga hadir Kapolsek Bulukumpa, Iptu Budiawan. Sayangnya Kapolsek Iptu Budiawan tak berkomentar banyak mengenai kronologis kejadian tersebut. Alasannya karena bukan ranah kepolisian, melainkan Panwas Bulukumpa.

Baca Juga : Tiga Kasus Politik Uang Libatkan Relawan Harapan Baru, Jubir: Bukti Kami Teratas

"Jadi kami datang di sana tadi karena situasi mulai agak kacau. Apalagi dia (pelaku) nyaris dihakimi oleh warga setempat," Ujarnya.

Ia pun menjelaskan, satu orang pelaku berhasil diamankan ke kantor polisi dan diteruskan ke Panwas Bulukumpa. 

Penulis : Rahmatullah
#Politik Uang