Selasa, 24 November 2020 14:40
Pilkada Gowa

Cara Adnan-Kio Dorong Partisipasi Pemilih: Tembus 16 Titik dalam Sehari

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan saat berkampanye baru-baru ini.
Adnan Purichta Ichsan saat berkampanye baru-baru ini.

Meski berstatus calon tunggal, Adnan-Kio tetap turun kampanye dan bersilaturahmi ke rumah-rumah warga.

GOWA - Pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio bersama tim pemenangannya, terus bergerak dari desa ke desa dan kelurahan demi menggenjot partisipasi pemilih di pilkada Kabupaten Gowa.

Meski berstatus calon tunggal, Adnan-Kio tetap turun kampanye dan bersilaturahmi ke rumah-rumah warga. Bahkan, di masa libur pun, duet petahana itu menemui warga dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Pernah dalam sehari, Adnan berkampanye dan memenuhi undangan warga sebanyak 16 titik. Kala itu di Kecamatan Somba Opu, tepatnya pada awal Oktober.

Baca Juga : 16 Tenaga Adhoc Mengalami Kecelakaan Selama Tahapan Pilkada Gowa 2020, KPU Berikan Santunan

Kecamatan ini memang tergolong penting, khususnya dalam menggenjot partisipasi pemilih. Data menunjukkan, tingkat partisipasi pemilih di Kecamatan Somba Opu pada Pilgub Sulsel 2018 lalu paling terendah di Kabupaten Gowa, yakni 65.67 persen.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Adnan-Kio, Tenri Olle Yasin Limpo, wajib pilih di Kabupaten Gowa tak boleh abai dalam menyalurkan hak suaranya pada 9 Desember mendatang. Di sinilah peran kontestan, tim dan parpol bersama penyelenggara untuk bersama-sama mengajak warga untuk menyalurkan hak pilihnya.

"Tantangan Kabupaten Gowa dalam demokrasi ke depan, adalah membuat jumlah partisipasi pemilih terbanyak selama pilkada di Sulsel. Untuk itu, masyarakat Gowa harus saling mengingatkan pentingnya datang memberikan suara saat 9 Desember nanti," ucap Tenri, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga : Adnan-Kio Sampaikan Pidato Kemenangan Secara Virtual

Hingga kini, lanjut politisi Nasdem ini, tim pemenangan Adnan-Kio tingkat kecamatan terus bergerak di lapangan. Yang disasar adalah para tokoh masyarakat.

"Selain menyosialisasikan program Adnan-Kio dalam setiap kunjungan silaturahim kepada para tokoh mulai dari tingkat desa, tim juga senantiasa mengingatkan dan mengajak wajib pilih untuk menyalurkan hak pilihnya," pungkas Tenri.

KPU telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Gowa 2020 dengan jumlah 529.985 pemilih yang tersebar di 18 kecamatan dan 167 kelurahan serta terbagi pada 1.430 TPS. Jumlah pemilih di Gowa lebih banyak dibandingkan Pemilu 2019, yang saat itu sebanyak 529.870 orang.

Baca Juga : Adnan Purichta Ichsan Cetak Rekor Ketujuh di Usia 34 Tahun

Dalam berbagai kesempatan, Adnan-Kio selalu mengingatkan kepada wajib pilih di Kabupaten Gowa untuk menggunakan hak pilihnya. Duet berjargon Doboloki ini pun melawan hoaks rapid test dan tes SWAB saat hari pencoblosan.

"Jangan percaya isu yang berkembang bahwa akan ada rapid tes dan tes SWAB di TPS. Semua itu hanya isu untuk menurunkan partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa," ucap Adnan.

Adnan menegaskan, kualitas demokrasi salah satunya diukur dari tingkat partisipasi pemilih. "Kalau partisipasi pemilih di Gowa baik, maka kita masuk kategori yang berhasil menyelenggarakan pilkada," harap Adnan. (*)

#Pilkada Gowa 2020