Selasa, 17 November 2020 12:02

Komposisi Berubah, Bantuan BPNT di Jeneponto Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Komposisi Berubah, Bantuan BPNT di Jeneponto Bangkitkan Ekonomi Rakyat

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapat bantuan sembako berupa ikan bandeng segar tiga ekor, telur 15 butir, dan beras premium 10 kilogram. Ada juga sayur-sayuran berupa kentang, wortel, labu siam, dan tomat.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO -- Komposisi bantuan program sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan Sosial Pangan (BSP) di Jeneponto berubah.

Perubahan tersebut diambil dalam hasil rapat tingkat Kabupaten Jeneponto bersama unsur tim koordinasi dan pendamping beserta supplier.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Nirmala Suaib membenarkan adanya perubahan komposisi program sembako tersebut, Selasa (17/11/2020).

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

"Betul ada perubahan komposisi program sembako. Jadi ikan segar diambil langsung dimasukkan dalam boks dengan tiga kali lapisan es batu, lalu diangkut dalam mobil boks freezer," ujarnya.

Selain ikan segar, kata dia, juga akan dibagikan sayuran padat kepada penerima manfaat yang akan diambil di Kecamatan Rumbia sebagai daerah penghasil sayur mayur.

Dia bilang, otomatis hal ini sangat membantu petani dan lembaga yang ada di desa karena pangsa pasar hasil bumi petani jelas bertambah. Berarti pendapatan petani meningkat pula.

Baca Juga : Sabung Ayam di Jeneponto Berujung Tragis, 1 Tewas dan Dua Orang Kritis di Rumah Sakit

"Apalagi dalam penjualan hasil bumi petani bermitra dengan lembaga-lembaga yang ada di desa dalam hal packaging dan pemasarannya. Jadi ada value added dari hasil bumi itu sendiri," terangnya.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) diberikan bantuan sembako berupa ikan bandeng segar tiga ekor, telur 15 butir, dan beras premium 10 kilogram.

Selain itu, KPM di Jeneponto juga diberikan sayur-sayuran berupa kentang, wortel, labu siam, dan tomat.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Lakukan Pendampingan Penilaian KKP HAM dan Pelaporan Aksi HAM di Tiga Kabupaten

"Sebelumnya kami dibagikan ikan kaleng sama telur dan beras. Sekarang ikan kaleng sudah tidak ada, saya juga dikasi sayur-sayuran dan ikan bandeng tiga ekor," ucap Ratna, salah satu penerima manfaat di Kecamatan Bangkala Barat.

Dari perubahan tersebut, pihak supplier dari selaku penyedia barang mengaku mengambil bahan sayuran dari wilayah Jeneponto sendiri untuk menggerakkan ekonomi lokal masyarakat.

Baca Juga : Lolos Verifikasi Sebagai Peserta Pemilu, Ketua Gelora DPD Jeneponto Gelar Baksos

"Sayuran segar kita ambil dari masyarakat langsung melalui gapoktan (gabungan kelompok tani). Ini tentunya bertujuan agar ekonomi di tingkat bawah terus bergerak di tengah pandemi Covid-19," terang Abdul Rahim selaku supplier.

Untuk packing sayur-sayuran, tambah Rahim, juga menyerap tenaga kerja warga sekitar.

"Pihak kami juga meyiapkan mobil box freezer atau mobil thermo pendingin untuk mendistribusikan ikan agar terjaga dan terjamin kesegarannya," ujar Rahim, Senin (16/11/2020).

Penulis : Samsul Lallo
#jeneponto