Jumat, 13 November 2020 20:02

Tuannya Merantau ke Malaysia, Rumah Hangus Terbakar akibat Rokok di Jeneponto

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tuannya Merantau ke Malaysia, Rumah Hangus Terbakar akibat Rokok di Jeneponto

Hasil pengumpulan data-data di tempat kejadian, Ahmad sebelumnya meminta dan diberikan rokok oleh tetangganya.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO - Inilah bahayanya rokok bagi penderita gangguan jiwa. Satu unit rumah panggung rata tanah di Kampung Pakokoa, Desa Mallasoro, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto.

Kebakaran terjadi pukul 12.00 wita pada Jumat (13/11/2020). Pemilik rumah, Lili Daeng Baba (40) dan istri sedang merantau ke Malaysia sejak tahun 2019.

"Pemilik rumah sudah setahun lalu merantau. Disusul istrinya ke Malaysia," terang Kasubbag Humas Polres Jeneponto, AKP Syahrul.

Baca Juga : Aktivitas Tambang Galian C di Jalan Poros Jeneponto-Bantaeng Meresahkan

Sebelum rumah itu terbakar, hanya ada Ahmad (19) --salah seorang putra Daeng Baba. Adik-adiknya yang lain ke rumah keluarganya.

Ahmad diketahui pernah mengalami gangguan jiwa. Kebiasaannya hanya berdiam diri dalam rumah dan mengunci pintu dari dalam.

 

"Hasil pengumpulan data-data di tempat kejadian, Ahmad sebelumnya meminta dan diberikan rokok oleh tetangganya. Selanjutnya kembali ke rumahnya," ujar Syahrul.

Baca Juga : Kebakaran di Jalan Muh Yamin Makassar, 7 Rumah dan 1 Ruangan SMK Penerbangan Terbakar

Mantan kepala Polsek Kelara itu menambahkan, penyebab kebakaran masih didalami. Belum ada kesimpulan sejauh ini. Namun dugaan sementara, api berasal dari Ahmad yang menyalakan rokok dan meninggalkannya sedang menyala dalam kamar.

Sponsored by MGID

"Lalu dia keluar dan mengunci pintu kamar. Api rokok itu yang diduga kuat menyala hingga membesar, menyebar, dan membakar rumahnya," sebutnya.

Saat kejadian, beberapa tetangga yang melihat asap dari dalam rumah berteriak memanggil warga. Kemudian berusaha memadamkan api agar tidak menjalar ke rumah yang lain. Maklum, jarak rumah berdekatan dengan tetangga.

Baca Juga : Kapolres Wajo Hadiahkan Rumah dan Alat Dapur kepada Korban Kebakaran di Pitumpanua

Empat unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Namun, karena cuaca yang panas dan kering serta angin yang kencang membuat api dengan mudah menghanguskan rumah beserta isinya.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian Kebakaran rumah tersebut. Kerugian ditaksir Rp50 juta. Kebakaran itu masih terus dalam penyelidikan pihak kepolisian setempat," tutup Syahrul.

 

Penulis : Samsul Lallo
#jeneponto #kebakaran