Sabtu, 07 November 2020 15:08
Pilkada Gowa

Adnan-Kio: MPP di Dataran Rendah, Pos Pelayanan Publik di Dataran Tinggi

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

MPP ini nantinya mengcover pelayanan untuk penduduk yang tersebar di 9 kecamatan dataran rendah di Kabupaten Gowa.

GOWA - Calon incumbent Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta IYL-Abdurrauf Mallagani Karaeng Kio, menyiapkan program Mal Pelayanan Publik (MPP), sebagai bagian dari komitmen menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Apa itu MPP? Adalah unit pelayanan satu atap kepada warga. Lokasinya di dataran rendah alias Kota Sungguminasa, Kabupaten Gowa.

MPP ini nantinya mengcover pelayanan untuk penduduk yang tersebar di 9 kecamatan dataran rendah di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : 16 Tenaga Adhoc Mengalami Kecelakaan Selama Tahapan Pilkada Gowa 2020, KPU Berikan Santunan

“Jadi, warga tidak perlu repot-repot ke kantor dinas terkait. Cukup ke Mal Pelayanan Publik, semua jenis pelayanan sudah ada,” terang Adnan, saat berkampanye di Kecamatan Tinggimoncong, Jumat (6/11/202).

Di MPP, lanjut Adnan, kepentingan warga yang akan diladeni bukan soal urusan pemerintahan saja. Karena di MPP ini juga menyediakan pelayanan urusan kepolisian, kejaksaan, pengadilan negeri, pengadilan agama hingga departemen agama.

“Jadi semua pelayanan dibuat satu atap. Untuk tahap awal pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP,” kata Adnan.

Baca Juga : Adnan-Kio Sampaikan Pidato Kemenangan Secara Virtual

Bagaimana dengan penduduk yang berdomisili di dataran tinggi? Pasangan berjargon Doboloki ini akan membangun Pos Pelayanan Publik. Fungsinya sama dengan MPP.

Khusus Pos Pelayanan Publik, akan tersebar di sembilan kecamatan dataran tinggi. Dengan begitu, warga yang tinggal di wilayah dataran tinggi, tidak perlu repot-repot ke ibukota.

Adnan memberi contoh, nantinya warga Malino tidak usah lagi ke Sungguminasa kalau misalnya mau mengurus Akte Kelahiran, Kartu keluarga atau urus perizinan. "Cukup di kantor kecamatannya saja,” kata Adnan.

Baca Juga : Adnan Purichta Ichsan Cetak Rekor Ketujuh di Usia 34 Tahun

Terobosan ini untuk menjawab kendala teknis yang kerap dialami oleh masyarakat di dataran tinggi, dalam hal pengurusan administrasi kependudukan.

"Sesuai teori pemerintahan, kalau kita belum bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, maka kurangi beban-bebannya dulu. Kalau kita mampu kurangi bebannya, maka Insya Allah kita akan mampu menuju daerah yang makin maju dan sejahtera,” demikian Adnan, calon bupati petahana.

#Pilkada Gowa 2020