Rabu, 21 Oktober 2020 15:04

Survei SMRC: Tingkat Kesukaan Fatmawati Rusdi Tertinggi di Posisi Calon Wakil

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presentasi survei SMRC, Rabu (21/10/2020).
Presentasi survei SMRC, Rabu (21/10/2020).

Menurut Deni, tingkat popularitas dan kesukaan Fatmawati Rusdi sejalan dengan tingkat popularitas dan akseptabilitas pasangannya, M Ramdhan Pomanto.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) juga merilis popularitas dan tingkat kesukaan calon wakil wali kota Makassar. Hasilnya, Fatmawati Rusdi dinyatakan terpopuler.

Angka popularitas satu-satunya perempuan di bursa kontestan Pilkada Makassar ini, unggul jauh dari tiga calon wakil wali kota lainnya.

"Popularitas Fatma tertinggi diantara calon Wakil Wali Kota Makassar lainnya mencapai 37 persen dengan tingkat kesukaan sangat tinggi, yakni 72 persen," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani saat memaparkan hasil survei tersebut secara virtual via aplikasi Zoom, Rabu (21/10/2020).

Baca Juga : 

Menurut Deni, tingkat popularitas dan kesukaan Fatma sejalan dengan tingkat popularitas dan akseptabilitas pasangannya, M Ramdhan Pomanto alias Danny.

Sementara tiga calon wakil wali kota Makassar lainnya memiliki tingkat popularitas dan tingkat kesukaan jauh di bawah Fatma. Pasangan Syamsu Rizal, Fadli Ananda yang menempati urutan kedua, hanya memiliki tingkat popularitas sebesar 28 persen dengan tingkat kesukaan mencapai 58 persen.

Urutan ketiga ditempati oleh duet Munafri Arifuddin, Abdul Rahman Bando dengan tingkat popularitas mencapai 27 persen dengan tingkat kesukaan sebesar 61 persen.

 

Adapun duet Irman Yasin Limpo (None), Andi Zunnun Armin NH menempati urutan paling buncit dengan tingkat popularitas hanya sebesar 11 persen dengan tingkat kesukaan berada di angka 29 persen.

Survei SMRC ini sendiri direkam pada 21-25 September 2020. Menggunakan sampel sebanyak 410 orang dengan metode multistage random sampling. Responden di wawancarai melalui tatap muka atau wawancara langsung.

Adapun toleransi kesalahan (margin of error) survei tersebut sebesar
±5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Popularitas Calon Wali Kota

Untuk popularitas calon wali kota Makassar, Danny Pomanto masih perkasa. Tingkat popularitas sang petahana mencapai angka 89 persen dengan tingkat kesukaan sebesar 85 persen.

Syamsu Rizal alias Deng Ical menempati urutan kedua dengan tingkat popularitas sebesar 83 persen dan tingkat kesukaan mencapai 81 persen. Di urutan ketiga ditempati Munafri Arifuddin alias Appi dengan tingkat popularitas mencapai 81 persen dan tingkat kesukaan sebesar 72 persen.

Adapun calon Wali Kota Makassar lainnya, Irman Yasin Limpo berada di urutan keempat. None, sapaan karibnya, memiliki tingkat popularitas sebesar 72 persen dengan tingkat kesukaan mencapai 63 persen.

#Survei SMRC #Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi