Sabtu, 17 Oktober 2020 13:02

Daur Ulang Sampah Jadi Energi, Appi-Rahman Akan Bangun TPA Terbesar di Asia Tenggara

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Daur Ulang Sampah Jadi Energi, Appi-Rahman Akan Bangun TPA Terbesar di Asia Tenggara

Program pembangunan pengolahan sampah terbesar di Asia Tenggara ini masuk dalam program pilar keberlanjutan Appi-Rahman.

RAKYATKU.COM - Pasangan Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) memandang persampahan di Makassar masih menjadi salah satu masalah yang cukup serius.

Data dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar tahun 2020 mencatat, volume sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Jl Tamangapa Antang, Kecamatan Manggala mencapai 900-1.200 ton per hari.

Jumlah ini cukup besar sehingga kondisi TPA sekarang sudah dalam status over kapasitas.

Baca Juga : Sudah Komitmen, Appi-Rahman Lanjutkan Perjuangan Tangani Covid-19 di Kota Makassar

Alhasil permasalahan kerap muncul. Utamanya di musim kemarau. Kebakaran tumpukan sampah di TPA Antang ini selalu menjadi momok yang mengganggu kesehatan warga sekitar.

Produksi sampah di Makassar tak bisa terelakan lantaran sejalan dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Menurut Appi --sapaan Munafri-- kondisi ini tak bisa dibiarkan secara terus menerus terjadi.

Baca Juga : Akui Kemenangan Rival dengan Kepala Tegak, Appi-Rahman Tuai Pujian

Dalam programnya jika nanti terpilih sebagai Wali kota Makassar, Appi akan membangun pengolahan sampah terbesar Asia Tenggara.

Program pembangunan pengolahan sampah terbesar di Asia Tenggara ini, menurut Appi, masuk dalam program pilar keberlanjutan Appi-Rahman.

"Modelnya kita akan revitalisasi TPA dengan sistem Sanitary Landfill atau sistem pengelolaan sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, kemudian dipadatkan dan menimbunnya dengan tanah," terangnya saat kampanye di Jl Sabutung Baru, RT 03 RW 03, Kelurahan Cambayya, Tallo, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga : Sudah Sempat Crossing, RTK Ungkap Penyebab Appi-Rahman Kalah Atas Danny-Fatma Versi Quick Count

Dengan cara tersebut, lanjut Appi, TPA nantinya bisa lebih ramah lingkungan sebab pembusukan sampah bisa lebih cepat terjadi, sehingga lahannya bisa digunakan kembali.

Selain TPA pusat, cawali yang diusung Partai Demokrat, PPP, dan Perindo itu juga mencanangkan pengadaan TPA regional yang bersinergi dengan pemerintah kabupaten sekitar Makassar, yakni Gowa dan Maros.

"Namun selain infrastruktur ini, kami mengajak masyarakat Makassar ikut terlibat aktif dalam mengurai persampahan ini supaya jumlahnya tak terlalu banyak dibuang langsung ke TPA. Harus ada upaya pemilahan bahkan daur ulang dimulai dari rumah tangga," sambungnya.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma, Dilan Apresiasi Appi-Rahman dan Imun

Olehnya itu Appi akan meningkatkan kinerja Bank Sampah dengan pembelian sampah rumah tangga untuk didaur ulang menjadi energi terbarukan.

"Sistemnya bayar cash langsung ke masyarakat sesuai nilai sampahnya nanti. Kami juga akan bekerja sama dengan start up Mall Sampah untuk program Makassar Zero Waste," tutupnya.

Program yang ditawarkan Appi-Rahman ini pun disambut baik oleh masyarakat.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma Sambil Titip AGAMIS, UQmo Sampaikan Pesan kepada Appi, Deng Ical, dan None

Ketua RT 04 RW 03 Cambayya, Asri, menyebut sudah sepatutnya masalah sampah ini diperhatikan serius.

Saat mendampingi Appi memantau salah satu bank sampah di wilayahnya, ia menerangkan bahwa masyarakat masih minim keterlibatannya untuk menyalurkan sampahnya langsung ke bank sampah.

"Sangat kurang partisipasi, mungkin karena kurang sosialisasi dan juga nilainya kadang tak seberapa. Jadi kalau ada pembelian cash seperti yang dibilang Pak Appi dan berbagai program lanjutannya itu akan sangat bagus," terangnya.

#Pilkada Makassar #appi-rahman