Minggu, 11 Oktober 2020 16:01

Kampanye di Somba Opu, Adnan Paparkan 6 Sektor Program Prioritas

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto IST
Foto IST

Sektor pendidikan masih jadi prioritas pertama pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abd Rauf Malaganni bila kembali diamanahkan memimpin Gowa.

GOWA - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Kr Kio, Minggu (11/10/2020), menggelar tatap muka dan dialog di Kecamatan Somba Opu. Dalam penyampaiannya saat berdialog dengan warga, calon tunggal di Pilkada Gowa ini menegaskan, ke depan mereka tetap akan memprioritaskan enam sektor.

Hal itu, menurut Adnan, tertuang dalam 6 program prioritas AdnanKio untuk periode 2021-2026. Sektor pendidikan masih jadi prioritas pertama paket politisi-birokrasi ini jika masih dipercaya memimpin Gowa ke depan. Program-program pendidikan yang selama ini berjalan di periode pertamanya dipastikan tetap akan dilanjutkan.

Salah satu hal baru yang akan dilakukan ke depan di sektor pendidikan yakni pemberian beasiswa bagi putra putri Kabupaten Gowa yang akan kuliah di wilayah Sulawesi Selatan berbasis desa dan kelurahan.

Baca Juga : 16 Tenaga Adhoc Mengalami Kecelakaan Selama Tahapan Pilkada Gowa 2020, KPU Berikan Santunan

"Jadi kita akan biayai anak-anak kita yang tidak mampu secara ekonomi tapi memiliki kecerdasan yang baik untuk kuliah di perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Selatan sebanyak satu orang satu desa dan kelurahan," terangnya.

Sementara program pengembangan SDM dari Gowa untuk Indonesia dengan mengirim putra-putri Gowa ke beberapa perguruan tinggi terbaik di luar Sulsel, kata Adnan, juga tetap dilanjutkan.

"Jadi program beasiswa satu orang satu desa, satu orang satu kelurahan ini akan dibiayai melalui ADD dan dana kelurahan. Sementara program dari Gowa untuk Indonesia akan dibiayai dengan APBD kabupaten," kata Adnan saat berialog dengan warga di kediaman H Gading di Kelurahan Samata.

Baca Juga : Adnan-Kio Sampaikan Pidato Kemenangan Secara Virtual

Sektor kesehatan juga tetap akan menjadi prioritas paket ini jika nantinya terpilih. "Ke depan kita akan bangun rumah sakit umum pratama. Karena dalam sistem rujukan di BPJS mesti berjenjang, sementara kita hanya punya rumah sakit tipe B, yang tidak bisa langsung menerima rujukan dari puskesmas. Makanya kita akan bangun RSUD tipe C," ujar mantan anggota DPRD Sulsel ini.

Ia juga memastikan akan tetap melanjutkan program yang selama ini berjalan di periode pertamanya.

Bidang keagamaan adalah sektor ketiga yang juga masih akan diprioritaskan. "Pencerahan qalbu jumat ibadah, pembangunan dan pengelolaan rumah tahfiz, satu desa satu kelurahan satu tahfiz, peningkatan kualitas imam dan guru agama, pemberian insentif bagi guru mengaji, optimalisasi potensi zakat, infak, sedekah dan wakaf adalah program-program keagamaan yang akan tetap kita lakukan," jelasnya.

Baca Juga : Adnan Purichta Ichsan Cetak Rekor Ketujuh di Usia 34 Tahun

Hal yang sama juga dilontarkan saat berdialog dengan warga di Kelurahan Paccinnongan. Di kediaman H Nompo, Adnan menyebut sektor infrastruktur menjadi bidang lain yang juga akan tetap menjadi prioritas bersama sektor pertanian dan UMKM.

Sementara itu, tokoh masyarakat Samata, H Gading, mengatakan, sangat wajar warga Gowa menyatu di Pilkada kali ini. Pasalnya, apa yang sudah dilakukan Adnan dan Kr Kio di periode pertamanya sangat diapresiasi oleh masyarakat.

"Ini kejadian pertama di Kabupaten Gowa. Warga betul-betul menyatu. Tidak ada riak di bawah, tidak ada perbedaan," pungkasnya.

#Pilkada Gowa 2020