Jumat, 24 Juli 2020 15:03

Ketua PKK Parepare: Tumbuh Kembang Bayi Diulas Dalam Alquran

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua PKK Parepare: Tumbuh Kembang Bayi Diulas Dalam Alquran

Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan melaunching Vitamin Angel sebagai multimicro nutrien suplemen bagi ibu hamil dan ibu menyusui di Gedung Barugae, Rujab Walikota Parepare, Jumat, (24/7/2020).

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Ketua Tim Penggerak PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan melaunching Vitamin Angel sebagai multimicro nutrien suplemen bagi ibu hamil dan ibu menyusui di Gedung Barugae, Rujab Walikota Parepare, Jumat, (24/7/2020).

Program vitamin angel yang digagas Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan kolaborasi PKK Parepare ini merupakan bantuan hibah lembaga internasional yang berkedudukan di Santa Barbara, Amerika Serikat.

Hal itu sebagai komitmen dalam pencegahan stunting dengan melaunching Vitamin Angel bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui.

Baca Juga : Pemkot Parepare Puji UMPAR Sukses Cetak Ratusan Sarjana Hingga Doktor

Kegiatan pemberian suplement bagi Ibu hamil dan Ibu menyusui dibrrikan melalui delapan Puskesmas di Kota Parepare dan diserahkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Hj Erna Rasyid Taufan didampingi Asisten I Amina Amin, Ketua Pokja IV, dr Renny Anggraeni Sari dan Plt Kepala Dinas Kesehatan Parepare, Dr Hj Halwatiah.

Dalam arahannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan menyampaikan bahwa, masa terpenting bagi pertumbuhan bayi atau nutrisi yang diterima bayi pada masa yang diistilahkan sebagai masa emas (golden age) telah dibahas dalam Alquran Surah Al Baqarah ayat 223.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan,” (QS al-Baqarah [2]: 233). Namun tak ada salahnya jika si ibu tak sampai dua tahun dalam menyusui bayinya. Dari ayat tersebut kita maknai bahwa pemberian ASI merupakan vitamin dari dalam diri yang jauh lebih baik,” ujar Erna Rasyid Taufan.

Baca Juga : RSUD Andi Makkasau Edukasi Penyakit Hipertensi ke Pasien

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, Dr Hj Halwatiah mengatakan, pencegahan stunting ini penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak.

Menurut Halwatiah, sasaran konsumsi vitamin angel ini meliputi remaja putri, calon pengantin, Ibu hamil dan Ibu menyusui. Namun untuk mengawali program ini, vitamin angel difokuskan kepada Ibu hamil dan Ibu menyusui.

“Untuk Ibu hamil sebanyak 1004 orang dengan usia kehamilan 10 sampai 12 minggu, sementara Ibu menyusui sebanyak 260 orang. Pembagian vitamin Angel ini dibagikan secara gratis di delapan puskesmas yang ada di Kota Parepare,”papar Halwatiah.

Baca Juga : Salurkan Bantuan Cadangan Beras ke 8.605 KPM, Akbar Ali Pesan Jangan Ada Warga Parepare Tidak Memiliki Beras

Vitamin angel ini lanjut Halwatiah merupakan bantuan hibah dari sebuah Lembaga Internasional yang berkedudukan di Santa Barbara Amerika Serikat bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas).

“Sebagai tindak lanjut atas penandatanganan Naskah kesepahaman bersama antara Unhas dan Pemkot Parepare yang telah ditandatangani oleh Walikota Parepare dan Rektor Unhas di Gedung Pasca Sarjana Unhas. Vitamin Angel ini diterima pada tanggal 5 juli 2020, sebanyak 378 botol atau 68.040 kapsul,”urainya.

Kepala Bidang Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasna mengatakan, pemberian vitamin angel ini baru dilaksanakan di Kota Parepare.

Baca Juga : Wapres RI Serahkan Mobil Perpustakaan Keliling untuk Pemkot Parepare

“Vitamin Angel (malaikat) sesuai dengan namanya membantu turunkan anemia (kurang darah), pencegahan rabun senja, dan gejala lain yang berhubungan dengan defisiensi (kekurangan) vitamin dan mineral, membantu meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas), meningkatkan berat badan lahir, membantu pertumbuhan fisik dan meningkatkan perkembangan kognitif anak yang akan berdampak pada penurunan privalensi stunting, penurunan angka kematian bayi (AKB) dan angka kematian ibu (AKI),”urai Kasna.

Vitamin angel ini tambahnya, hadir sebagai pelengkap dengan kandungan 15 macam zat gizi yang dikemas dalam bentuk vitamin dan mineral. Semakin cepat seorang ibu hamil mengkonsumsi vitamin dan mineral, manfaatnya semakin besar terhadap kualitas kesehatan ibu dan bayi,”terangnya.

Sementara, Ketua Pokja IV PKK Parepare, dr Renny Anggraeni Sari mengatakan, kolaborasi ini sebagai bukti bahwa PKK Parepare turut serta dalam program pemerintah untuk pencegahan stunting di Kota Parepare.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan PPK, Akbar Ali Harap Perkuat Sinergitas

Dengan apapun itu upayanya, baik pemberian vitamin maupun tentang pemberian ASI eksklusif yang seperti telah disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, pemberian ASI ekslusif selama 2 tahun pada bayi itu sangat bermanfaat dan telah dianjurkan di dalam al quran khususnya dalam surah Al Baqarah ayat 223,” tandasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare