Jumat, 02 Oktober 2020 14:09

Blusukan ke Pasar Parang Tambung, Appi Beberkan Sejumlah Program yang Untungkan Pedagang

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Blusukan ke Pasar Parang Tambung, Appi Beberkan Sejumlah Program yang Untungkan Pedagang

Appi berjanji akan membantu mengatasi semua persoalan yang dihadapi, jika kelak terpilih memimpin Makassar.

RAKYATKU.COM - Puluhan pedagang di pasar Parang Tambung, Jl Dg Tata Raya, Kelurahan Parang Tambung, Kecamatan Tamalate, antusias menyambut kedatangan calon Wali kota Makassar, Munafri Arifuddin, Jumat pagi (2/10/2020).

Appi, sapaan calon wali kota nomor urut 2 itu, memulai kampanyenya di Kecamatan Tamalate hari ini. Dia blusukan ke Pasar Parang Tambung atau yang lebih dikenal dengan nama Pasar Hartaco ini.

Ia menyusuri jalan-jalan sempit di kawasan pasar menyapa pedagang maupun pembeli.

Baca Juga : Sudah Komitmen, Appi-Rahman Lanjutkan Perjuangan Tangani Covid-19 di Kota Makassar

Sesekali Appi juga berdialog dengan pedagang, menanyakan kabar dan kondisi penjualan mereka. Pedagang umumnya menyatakan omzet menurun. Demikian juga pembeli bilang susah cari uang.

Beberapa pedagang juga meminta perhatian kepada CEO PSM Makassar itu untuk memperbaiki pasar.

Baca Juga : Akui Kemenangan Rival dengan Kepala Tegak, Appi-Rahman Tuai Pujian

Pasar Parang Tambung sebagai salah satu pasar tradisional di Makassar menurut pedagang sudah selayaknya mendapatkan perhatian. Kondisi pasar kian kumuh, mengakibatkan pedagang maupun pembeli tidak nyaman.

"Itu pasar berapa kali mau ditingkatkan tapi tidak lengkap dia punya ini surat. Saya dengan Pak RT dan ada lagi keluarga punya surat. Umpamanya Pak Appi jadi wali kota, ini bisa disegerakan diurus surat-suratnya dan ditingkatkan (diperbaiki)," tutur Haji Abbas Dg Tata selaku ketua RW 06 Balang Baru.

Merespons aspirasi pedagang dan tokoh masyarakat, Appi berharap mereka tidak putus asa dengan kondisi yang ada. Tetap semangat bekerja dan selalu berdoa. Appi berjanji akan membantu mengatasi semua persoalan yang dihadapi, jika kelak terpilih memimpin Makassar. Ia meyakini denyut nadi perekonomian warga saat ini ada di pasar-pasar tradisional ini.

Baca Juga : Sudah Sempat Crossing, RTK Ungkap Penyebab Appi-Rahman Kalah Atas Danny-Fatma Versi Quick Count

"Olehnya itu pasar harus diberikan perhatian khusus kedepan, tanpa menghilangkan kebiasaan-kebiasaan umum yang ada dalam pasar. Harus diperbaiki prasarananya semisal jalan tidak becek, bersih, dan rapi agar pembeli nyaman dan penjual aman. Ketika pasar itu sudah bagus tingkat transaksi di dalamnya pasti meningkat," ucapnya.

Namun sebelum itu, Appi menjabarkan bahwa di tengah kondisi yang serba sulit akibat pandemi Covid-19 ini, para pedagang pasar tradisional pun menjadi pihak yang paling terdampak.

Penjualan menurun secara drastis mengakibatkan pendapatan ikut berkurang. Sehingga baginya penting untuk menyelesaikan persoalan ini terlebih dahulu.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma, Dilan Apresiasi Appi-Rahman dan Imun

"Makanya fokus program utamanya kami ada dua yakni penanggulangan Covid-19, jika kami terpilih insyaallah dalam 100 hari kerja akan menjadikan Makassar zona hijau," paparnya.

Setelah itu barulah menurut cawali yang diusung Partai Demokrat, PPP, dan Perindo itu membangkitkan kembali perekonomian.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma Sambil Titip AGAMIS, UQmo Sampaikan Pesan kepada Appi, Deng Ical, dan None

"Caranya, mengurangi beban pengeluaran warga dengan memangkas segala bentuk pajak dan retribusi. Iuran sampah akan kita hilangkan, pajak bumi dan bangunan (PBB) kita turunkan dan pajak-pajak lainnya yang sudah telanjur naik akan kita normalisasi kembali," tutupnya.

Di Makassar, terdapat sebanyak 19 pasar. Appi memulai kampanye resmi dengan mengunjungi dan berdialog dengan pedagang di Pasar Sukaria, Pettarani.

Ini menunjukkan perhatian Appi-Rahman yang besar terhadap pelaku usaha perdagangan tradisional, khususnya di pasar, sebagai salah satu pilar penopang perekonomian Kota Makassar.

Baca Juga : Beri Selamat Danny-Fatma Sambil Titip AGAMIS, UQmo Sampaikan Pesan kepada Appi, Deng Ical, dan None

Sebelum Appi tiba di lokasi, tim dari duta sehat dan satgas kesehatan Appi-Rahman terlebih dahulu diterjunkan untuk melakukan sterilisasi.

Penyemprotan disinfektan, pembagian masker, dan hand sanitizer dilakukan hingga sosialisasi protokol kesehatan seperti jaga jarak juga dikerjakan oleh para duta sehat ini.

#appi-rahman #Pilkada Makassar