Selasa, 08 September 2020 12:02

Temuan Terbaru, Pasien Covid-19 Berpotensi Mengalami Infeksi Usus yang Berkepanjangan

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Temuan Terbaru, Pasien Covid-19 Berpotensi Mengalami Infeksi Usus yang Berkepanjangan

Mereka menemukan infeksi usus aktif pada tujuh pasien, beberapa di antaranya tidak mengalami mual, diare, atau gejala pencernaan lainnya.

RAKYATKU.COM - Jangan pernah sepelekan virus corona. Hasil penelitian terbaru cukup mengkhawatirkan. Termasuk pada orang yang tidak mengalami gejala.

lmuwan di Hong Kong menemukan, virus corona dapat terus menginfeksi dan bereplikasi di saluran pencernaan setelah dibersihkan di saluran udara.

Penemuan tersebut diterbitkan dalam jurnal medis GUT. Hasil penelitian ahli dari Universitas China Hong Kong.

Baca Juga : WHO: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Munculkan Virus Corona Varian Baru

SARS-CoV-2 menyebar terutama melalui tetesan pernapasan, percikan cairan yang mengandung virus dari mulut dan hidung.

Namun, sejak pekan-pekan pertama pandemi, para ilmuwan di China mengatakan virus menular di tinja pasien juga dapat berperan dalam penularan.

Sebuah studi Februari terhadap 73 pasien yang dirawat di rumah sakit karena virus corona di Provinsi Guangdong China menemukan lebih dari setengah dinyatakan positif virus di tinja mereka.

Baca Juga : WHO Sebut Virus Corona Akan Jadi Bagian Ekosistem

Ilmuwan Hong Kong mempelajari sampel tinja dari 15 pasien untuk lebih memahami aktivitas virus di saluran pencernaan.

Mereka menemukan infeksi usus aktif pada tujuh pasien, beberapa di antaranya tidak mengalami mual, diare, atau gejala pencernaan lainnya.

Tiga pasien terus menunjukkan infeksi virus aktif selama enam hari setelah sampel pernapasan mereka dinyatakan negatif untuk Covid-19.

Baca Juga : Asal-usul Virus Corona Mungkin Tidak Akan Pernah Teridentifikasi

"Penemuan itu menyoroti pentingnya virus corona jangka panjang dan pengawasan kesehatan serta ancaman penularan virus melalui feses-oral yang potensial," kata Siew Chien Ng, direktur asosiasi Pusat Penelitian Mikrobiota Usus Universitas China Hong Kong seperti dikutip dari Bloomberg.

Menurut Ng, perawatan yang mengatur komposisi dan fungsi mikrobioma usus harus dieksplorasi. Bakteri usus pasien yang sangat menular menunjukkan hilangnya mikroba pelindung dan perkembangbiakan mikroba penyebab penyakit.

Universitas China telah menawarkan tes pemeriksaan feses gratis kepada para pelancong yang tiba di bandara sejak akhir Maret, dan mengidentifikasi enam anak yang terinfeksi di antara lebih dari 2.000 sampel yang diuji.

Baca Juga : Virus Corona Varian Baru Muncul di Rusia, Lebih Menular Dibanding Delta

Mulai Senin, hingga 2.000 tes Covid-19 akan dilakukan setiap hari sebagai bagian dari deteksi target orang tanpa gejala.

"Lebih dari satu pasien dinyatakan positif meskipun sampel pernapasan mereka negatif," kata Francis KL Chan, dekan kedokteran universitas dan direktur Pusat Penelitian Mikrobiota Gut.

"Tes feses akurat dan aman, membuatnya cocok dan lebih efektif untuk skrining Covid-19 untuk kelompok orang tertentu," kata Chan.

Baca Juga : Dokumen Setebal 900 Halaman Bocor, AS yang Danai Penelitian Virus Corona di Lab Wuhan

 

#Virus Corona