Rabu, 19 Januari 2022 08:15

WHO Sebut Virus Corona Akan Jadi Bagian Ekosistem

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

"Kita mungkin tidak akan pernah mengenyahkan virus ini karena virus pandemi semacam itu akhirnya menjadi bagian dari ekosistem," kata Dr. Michael Ryan.

RAKYATKU.COM - Kepala kedaruratan di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Michael Ryan, menyampaikan bahwa penyebaran virus Corona mungkin tidak akan pernah berakhir.

"Kita mungkin tidak akan pernah mengenyahkan virus ini karena virus pandemi semacam itu akhirnya menjadi bagian dari ekosistem," kata Ryan
dalam diskusi panel tentang kesetaraan vaksin yang diselenggarakan Forum Ekonomi Dunia, Selasa (18/1/2022).

"Yang bisa kita akhiri adalah darurat kesehatan masyarakat," kata Ryan pada pertemuan virtual para pemimpin dunia dan bisnis itu.

Baca Juga : WHO: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Munculkan Virus Corona Varian Baru

Menurut Ryan, itu mungkin dicapai tahun ini. "Yang perlu kita lakukan adalah menurunkan tingkat kejadian penyakit dengan vaksinasi maksimum pada populasi kita sehingga tidak ada yang harus meninggal. Dalam pandangan saya, itulah akhir dari keadaan darurat," tambah Ryan.

Pejabat-pejabat kesehatan masyarakat telah memperingatkan bahwa sangat tidak mungkin COVID-19 akan diberantas dan bahwa penyakit itu akan terus mematikan, tetapi pada tingkat yang jauh lebih rendah, bahkan setelah menjadi endemik.

 

Gabriela Bucher, direktur eksekutif organisasi anti-kemiskinan Oxfam International, dalam forum itu mengatakan distribusi yang lebih adil dan kebutuhan produksi vaksin skala besar sangat mendesak.

Baca Juga : Indonesia Jadi Hub Vaksin mRNA Asia Tenggara

John Nkengasong, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, menyatakan sangat tidak bisa diterima bahwa hanya 7 persen populasi Afrika yang divaksinasi sepenuhnya. (*)

Sponsored by MGID

Sumber: VOA Indonesia

#WHO #Virus Corona #Pandemi Covid-19