Senin, 07 September 2020 12:41

Nurdin Abdullah Ajak Apindo Jaga Pertumbuhan Ekonomi Sulsel di Tengah Pandemi Covid-19

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nurdin Abdullah Ajak Apindo Jaga Pertumbuhan Ekonomi Sulsel di Tengah Pandemi Covid-19

Pemerintah sendiri bekerja keras untuk menciptakan layanan, termasuk mempermudah perizinan serta menghilangkan kebiasaan lama yang dapat menghambat layanan publik.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Di tengah pandemi Covid-19 sektor usaha kecil dan menengah dapat terus bergerak dan tumbuh. Termasuk dukungan dari kebijakan pemerintah dan juga asosiasi dunia usaha.

Hal itu yang menjadi perbincangan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dan pengurus Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu, 6 September 2020.

"Paling penting bagi kami untuk memberikan semangat pada UMKM kita di masa pandemi ini," kata Nurdin Abdullah di sela menerima undangan untuk membuka acara Rapat Kerja dan Konsultasi DPP Apindo Sulsel yang akan digelar di Claro Hotel, 10 September mendatang.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Imbau Warga Kurangi Mobilitas

Lanjutnya, pemerintah sendiri bekerja keras untuk menciptakan layanan, termasuk mempermudah perizinan serta menghilangkan kebiasaan lama yang dapat menghambat layanan publik.

"Dinas PTSP juga sudah berbenah, warga tidak antre, beberapa kebijakan juga sudah kita limpahkan ke daerah," sebut Nurdin.

Pada kesempatan ini Nurdin juga membahas terkait Apindo agar berperan dalam membantu masyarakat sektor pertanian dan perkebunan.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Imbau Warga Kurangi Mobilitas

Ketua DPP APINDO Sulsel, La Tunreng dalam kesempatan ini menyampaiakan, bapat kerja bertujuan untuk mengevaluasi hal yang sudah dilakukan dan apa pula yang perlu kita persiapkan.

"Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi Sulsel adalah rutinitas amanah Munas dan Musda. Raker mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan dan apa yang belum, dan apa pula yang perlu kita persiapkan," sebutnya.

Ia menjelaskan arahan yang diberikan Gubernur kepada Apindo, seluruh segmen dunia usaha dengan dukungan Apindo agar kebijakan pemerintah ke depan bisa memberikan dorongan yang baik.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Imbau Warga Kurangi Mobilitas

Dukungan ini perlu di tengah pandemi Covid-19, sebab barbagai kegiatan usaha tidak berjalan maksimal.

"Pak Gubernur juga berharap melalui Apindo ada beberapa sektor yang perlu di dorong. Termasuk sektor pertanian dan perkebunan. Dan ini sektor merupakan pekerjaan dan rutinitas bagi rakyat kita," ujarnya.

Apindo sendiri berkomitmen mendorong kesejahteraan para petani dan jika memungkinkan Apindo akan mensupporting untuk memberikan modal dan bibit.

Baca Juga : Plt Gubernur Sulsel Imbau Warga Kurangi Mobilitas

Rapat kerja ini juga dengan tujuan membuka wawasan yang baru dalam rangka melihat Covid-19. Bahwa kegiatan kita selama ini yang normatif tentu harus diubah dengan cara-cara yang baru. Termasuk berdagang dengan menggunakan basis IT atau e-commerce.

Sedangkan, Ketua Panitia, Arief Mone menyebutkan pada Raker ini juga akan dilauching aplikasi Belika.id.

"Pada forum itu, bukan hanya melakukan rapat kerja, tetapi kita launching aplikasi bersama Apindo, Belika.id untuk mensupport UKM di Sulawesi-Selatan. Melalui aplikasi ini bisa live streaming untuk jualan online," paparnya.

#aset pemprov sulsel