Minggu, 12 Juli 2020 21:05

Cegah Penyebaran Covid-19, California akan Bebaskan 8.000 Narapidana

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi penjara. [Shutterstock]
Ilustrasi penjara. [Shutterstock]

California akan membebaskan sekitar 8.000 tahanan lebih awal dari masa hukuman demi memperlambat penyebaran virus corona di fasilitas penjara.

RAKYATKU.COM - California akan membebaskan sekitar 8.000 tahanan lebih awal dari masa hukuman demi memperlambat penyebaran virus corona di fasilitas penjara.

Beberapa penjara di California telah dikepung Covid-19. Karenanya, deparetemen koreksi negara bagian mengatakan para tahanan yang memenuhi syarat dapat bebas pada akhir Agustus.

Pernyataan ini merupakan langkah terbesar yang pernah diambil negara bagian ini untuk menguras populasi penjara, sekaligus mengurangi risiko penularan virus corona dengan menciptakan lebih banyak ruang untuk jarak sosial dan karantina.

"Tindakan-tindakn ini diambil untuk menyediakan kesehatan dan keselamatan tahanan dan staf di penjara," ujar Sekretaris Departemen Pemulihan dan Rehabilitasi California Ralph Diaz dikutip dari suara.com, Jumat (10/7/2020).

Pembebasan dini berlaku bagi mereka yang memiliki masa hukum satu tahun atau kurang, dan mereka yang dihukum karena tindak pidana kekerasan dan kejahatan seks.

Langkah ini mengikuti pengurangan populasi narapidana di seluruh negara bagian sekitar 10.000 sejak pandemi dimulai.

Gubernur California Gavin Newson mengatakan pada Kamis (9/7), hampir 2.400 orang di 35 penjara di negara bagian ini telah dinyatakan terinfeksi virus corona, termasuk 1.314 di Penjara San Quentin.

Loading...