Selasa, 24 Desember 2019 01:01

Audiensi dengan Menteri Edhy, Ini 8 Rekomendasi Strategis Sarjana Kelautan Unhas

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Anggota ISLA Unhas berfoto bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (MKP-RI), Edhy Prabowo.
Anggota ISLA Unhas berfoto bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (MKP-RI), Edhy Prabowo.

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (MKP-RI), Edhy Prabowo, menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (ISLA-UNHAS) di Gedung Mi

RAKYATKU.COM, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (MKP-RI), Edhy Prabowo, menerima audiensi pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (ISLA-UNHAS) di Gedung Mina Bahari IV, Senin (23/12/2019).

Ketua ISLA UNHAS, Darwis Ismail, ST., MMA yang memimpin rombongan, membuka diskusi. Terlebih dahulu dia menceritakan, bahwa ISLA UNHAS merupakan wadah alumni Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan, (sekarang menjadi Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan) UNHAS, perguruan tinggi terdepan di Indonesia bagian Timur, di mana Pola Ilmiah Pokoknya adalah Kelautan.

“ISLA UNHAS berdiri tahun 1997. Kini beranggotakan tidak kurang 3.200 alumni. Tersebar di berbagai instansi pemerintah, swasta, akademisi, LSM pesisir dan laut, peneliti dan praktisi kelautan, penyelam serta pekerja bawah air,” ujar Darwis membuka diskusi.

Kepada Edhy, Darwis menyampaikan, ISLA UNHAS menyadari, kita terlalu lama menempatkan persoalan degradasi ekosistem laut sebagai ‘tema utama pendekatan program’. Padahal di balik itu, amat banyak potensi ril yang bisa dikembangkan dan memperoleh perhatian, seperti terumbu karang untuk wisata bahari, ikan karang sebagai target usaha budidaya dan ekspor, ikan pelagis seperti tuna, cakalang dan lain sebagainya.

Kata dia, sumber daya laut adalah pengungkit ekonomi pesisir dan pulau-pulau kecil terutama di pulau perbatasan. Indikasi kegiatan illegal fishing yang melibatkan nelayan kecil, tak terlepas dari peran pemodal dan aparat oknum penegak hukum. Karenanya tambah dia, upaya pemerintah untuk mendorong transformasi kapasitas ekonomi yang memberdayakan, perlu didukung.

“Penegakan hukum harus dikedepankan. Agar iklim usaha menjadi sehat dan prospektif," ungkapnya.

ISLA berharap, kebijakan pemanfaatan sumber daya laut yang mengadopsi prinsip keberlanjutan, kedaulatan dalam pengelolaan serta memberikan kesejahteraan perlu didukung. 

ISLA sambung Darwis, akan berdiri bersama Pemerintah, untuk mempromosikan iklim usaha perikanan yang bertanggung jawab dan berorientasi ekonomi jangka panjang.

Kondisi sosial ekonomi lanjut dia, seperti kemiskinan, pengangguran, dan eksploitasi yang cenderung merusak seharusnya dapat ditekan dengan bersama-sama mengawal program-program yang telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui KKP. 

"ISLA akan menjadi mediator, fasilitator dalam mengakselerasi pembangunan kelautan dan perikanan,” lanjut Darwis.

Menurut Darwis, KKP membutuhkan dukungan multipihak dalam memanfaatkan potensi ekonomi, sosial dan geopolitik bangsa secara berkelanjutan. Guna mencapai hal tersebut, dibutuhkan SDM kelautan yang unggul.

“Kompetensi alumni yang bernaung di ISLA sangat relevan, karena memahami isu dan permasalahan kelautan saat ini, baik yang terkait ruang laut, perikanan tangkap, budidaya, riset dan sumber daya manusia,teknologi dan mitigasi kelautan, pengawasan laut dan garis pantai, serta investasi,” jelas Darwis.

Berikut 8 rekomendasi strategis ISLA UNHAS yang disampaikan kepada Menteri Edhy:

Pertama, efektifitas Layanan Pemerintahan di Sektor Kelautan dan Perikanan; Perlunya perijinan yang efektif dan tidak berbelit-belit serta bebas pungli sehingga merangsang tumbuhnya usaha-usaha kelautan dan perikanan serta investasi.

Kedua, revitalisasi Perikanan Sebagai Lumbung Pangan Laut; Peningkatan sarana prasarana pelabuhan, pabrik es dan cold storage, sistem pengemasan, sistem transportasi dan lainnya. Menumbuhkan program konservasi untuk keberlanjutan ekosistem sumber daya ikan melalui sistem zonasi dan penguatan kearifan lokal.

Ketiga, menggalakkan Program Usaha Budidaya yang Berorientasi Eksport (Udang, Tuna dan Rumput Laut); Pembentukan BUMN khusus budidaya sebagai katalisator pertumbuhan usaha budidaya di masyarakat. Meningkatkan produktivitas balai budidaya untuk menghasilkan benih dan biota bernilai ekonomi tinggi. Mensinergikan balai-balai dengan kelompok usaha budidaya di masyarakat.

Keempat, peningkatan potensi pasar dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi di sektor kelautan: Membangun pasar ikan bertaraf internasional di tiga wilayah indonesia. Melakukan pameran produk olahan di negara-negara lain secara reguler. Membangun strategi kampanye budaya makan ikan secara kreatif dan inovatif di seluruh lapisan masyarakat dengan mensinergikan kearifan lokal. Membangun sistem berbasis IT untuk mendukung industri 4.0. Menggalakkan eksport komoditi laut bernilai tinggi.

Kelima, peningkatan SDM Kelautan unggul; Perekrutan sumber daya kelautan di pusat dan daerah. Peningkatan Kualitas Nelayan Melalui Program Sejuta Penyuluh. Pembangunan sekolah SMK kelautan di daerah sentra nelayan. Mendorong program kemitraan dengan perguruan tinggi yang berorientasi kelautan.

Keenam, penanganan illegal fishing; penindakan illegal fishing harus tegas sesuai hukum yang berlaku, pemanfaatan kapal sitaan sebaiknya dihibahkan kepada kelompok nelayan,  perguruan tinggi sebagai sarana riset dan pelatihan, serta kelompok usaha wisata bahari.

Ketujuh, memperkuat sistem pengawasan perairan untuk menjaga kedaulatan dan sumber daya kelautan perikanan melalui; Menambah armada kapal pengawasan dan teknologi pendukungnya. Membangun dan optimalisasi pos pengawasan dan pemantau di pulau-pulau terdepan. Membangun jaringan pengawasan berbasis masyarakat yang melibatkan nelayan lokal sebagai satuan tugas (satgas) di wilayah pesisir. Mempercepat proses pendataan, pemberian nama, serta status hukum seluruh pulau khususnya di perbatasan.

Kedelapan, mendukung Menteri Kelautan dan Perikanan mempercepat proses restrukturisasi birokrasi di lingkup KKP guna meningkatkan pelayanan, kinerja dan profesionalitas kementerian.

Sementara, Edhy menyampaikan apresiasi kepada ISLA UNHAS, yang telah memberikan pokok-pokok pikiran dan rekomendasi strategis terkait pembangunan kelautan dan perikanan di Indonesia.

Ia meminta ISLA UNHAS, untuk membuat model percontohan kegiatan yang berkaitan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan, yang bisa ditawarkan kepada KKP.

Dalam audiensi ini, Edhy didampingi Dirjen Perikanan Tangkap KKP, M. Zulficar Mochtar, yang juga salah seorang anggota ISLA UNHAS.