Rabu, 04 Desember 2019 06:21

Diskominfo Perkuat Sulsel Smart Province Melalui SPBE

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Diskominfo SP Sulsel, Andi Hasdullah.
Kepala Diskominfo SP Sulsel, Andi Hasdullah.

Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Provinsi Sulawesi Selatan, telah merampungkan pembangunan jaringan terhubung ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Sulsel, melalui

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Provinsi Sulawesi Selatan, telah merampungkan pembangunan jaringan terhubung ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Sulsel, melalui jaringan Fiber Optic (FO).

Kepala Diskominfo SP Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan, pembangunan ini jug termasuk upaya penguatan Sulsel Smart Province, melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Sekaligus juga mendukung percepatan pembangunan di Sulsel, karena ini adalah bagian dari respon cepat kita dalam menjawab tuntutan jaman digital saat ini," kata Andi Hasdullah.

Hasdullah juga menambahkan, Smart province adalah implementasi penerapan sistem pemerintahan berbasis eletronik. 

Selanjutnya ada dua ruang lingkup besar dalam penerapan SPBE itu yaitu pertama adalah tatakelola administrasi pemerintahan yang terintegrasi dan berbasis eletronik. Kedua, tatakelola layanan publik berbasis elektronik- poin besar SPBE ini telah dan sedang terus dikembangkan untuk mewujudkan indeks  kemarangan SPBE yang optimal.

 

"Memang ada faktor yang masih menjadi fokus kita antara lain pengembangan SDM TIK, digital leader, sisten terintegrasi one data, improparabilitas aplikasi  yang tinggi termasuk juga supporting pembiayaan," jelasnya.