Minggu, 08 Desember 2019 15:03

Pohon Tumbang di Samping Kantor Bupati Gowa, Camat Somba Opu Ungkap Penyebabnya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pohon tumbang di Gowa.
Pohon tumbang di Gowa.

Tidak ada angin, tidak ada hujan. Tiba-tiba pohon setinggi 12 meter tumbang di samping kantor bupati Gowa, Minggu (8/12/2019).

RAKYATKU.COM,GOWA - Tidak ada angin, tidak ada hujan. Tiba-tiba pohon setinggi 12 meter tumbang di samping kantor bupati Gowa, Minggu (8/12/2019).

Langit saat itu hanya berawan. Angin juga berembus sepoi-sepoi. Tiba-tiba warga mendengar suara, "Bummm". Ternyata ada pohon tumbang.

Jika dilihat lebih detail, pohon itu tumbang karena akarnya dangkal. Namun, Camat Somba Opu, Agus Salim menyebut faktor usia.

"Mungkin pohonnya sudah tua," ujar Agus Salim.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pohon tersebut telah dievakuasi petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gowa. Arus lalu lintas di Jalan Agus Salim berangsur normal.

Sebelumnya, DLH Gowa sudah mengantisipasi peristiwa tersebut. Pemangkasan dahan pohon mulai dilakukan. Terutama pohon yang rimbun agar tidak membahayakan pengguna jalan.

"Setelah ada instruksi dari bupati Gowa, kami langsung melakukan penebangan dan pemangkasan ranting-ranting pohon setiap hari. Di sejumlah titik yang memang sudah tua dan dianggap rawan tumbang," ungkap Kadis DLH Gowa, Marzuki.