Rabu, 20 November 2019 03:00

ASI Istri Ruben Onsu Dimunum Anak Remaja, Apa Iya Ada Manfaatnya?

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Betrand Peto dan Sarwendah. (Foto: Instagram).
Betrand Peto dan Sarwendah. (Foto: Instagram).

Betrand Peto, anak angkat Ruben Onsu, yang usianya sudah 14 tahun, diketahui rutin meminum Air Susu Ibu (ASI) Sarwendah. 

RAKYATKU.COM - Betrand Peto, anak angkat Ruben Onsu, yang usianya sudah 14 tahun, diketahui rutin meminum Air Susu Ibu (ASI) Sarwendah. 

Sang anak yang kini beranjak remaja meminum ASI atas keinginannya, lantaran tak pernah merasakan ASI dari ibu kandungnya.

ASI memang lazimnya dikonsumsi bayi. Organisasi kesehatan dunia WHO juga menganjurkan pemberian ASI hanya sampai anak berusia 2 tahun.

Akan tetapi, sempat menjadi tren juga beberapa waktu lalu, ASI yang dimanfaatkan oleh orang dewasa. 

Konon bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Salah satunya digunakan untuk pasien kanker.

dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, Satuan Tugas ASI IDAI (Ikatan Dokter Indonesia), mengatakan pada ASI ditemukan zat-zat seperti stemcell dan protein hamlet yang dapat menghambat pertumbuhan sel ganas. 

Menurutnya, di luar negeri memang sel hamlet pada ASI ini digunakan untuk terapi 40 jenis kanker.

"Tapi ini tentunya perlu riset dan yang diberikan ke pasien bukan dalam bentuk ASI minum. Tapi sudah diproses sudah diambil ekstraknya yang dibutuhkan untuk pengobatan," terangnya saat dihubungi detikcom, Selasa (19/11/2019).

"Memang ada indikasi medisnya. Kalau orang sehat buat apa?" tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa ASI yang dikonsumsi orang dewasa tentu harus jelas tujuannya. Karena menurutnya, belum ada penelitian manfaat ASI pada anak remaja maupun orang dewasa ketika diminum langsung.

Sumber: Detik.com